Konsep insan kamil dalam perspektif manusia pontifikal Seyyed Hossein Nasr

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadziq, Abdulloh (2022) Konsep insan kamil dalam perspektif manusia pontifikal Seyyed Hossein Nasr. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdulloh Hadziq_E97218057.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Skripsi ini membahas konsep manusia pontifikal dari Seyyed Hossein Nasr sebagai sebuah konsepsi atau konsep baru atas konsep Insan Kamil yang digagas oleh Muhy al-Din Ibn ‘Arabi dan dikembangkan oleh ‘Abd al-Karim al-Jili. Manusia Pontifikal dari Seyyed Hossein Nasr ini berangkat dari pandangan tradisi tradisional dan geneologi tentang konsep manusia. Seyyed Hossein Nasr berupaya merumuskan apa hakikat sebenarnya manusia dan bagaimana seharusnya bertindak dari pandangan tradisionalis. Manusia pontifikal sebagai manusia kepausan, yakni penghubung bumi dan surga. Sedangkan, Konsep Insan Kamil dari pengertian paling sederhana ialah manusia sempurna. Peneliti meneliti tentang hal ini berangkat dari semakin gandrungnya manusia modern akan positivistik dan empiris, lalu menghilangkan spiritualitas dan wahyu sehingga terjadi krisis spiritual, eksistensial, ataupun menjadikan manusia bertindak sesukanya. Permasalahan utama dalam skripsi ini adalah bagaimana Manusia Pontifikal menurut Seyyed Hossein Nasr dan bagaimana Konsep Insa>n kamil dalam Perspektif Manusia Pontifikal Seyyed Hossein Nasr. Adapun tujuan penelitian ini ialah meramaikan khasanah konsep Insan Kamil, mengupas manusia pontifikal serta korelasi manusia pontifikal dengan Insa>n Kamil, sekaligus barangkali dapat menjadi salah satu solusi untuk manusia modern. Skripsi ini mencoba mengeksplorasi permasalahan utama menggunakan jenis penelitian library research yang bersifat analitis-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep manusia pontifikal merupakan modifikasi konsep Insan Kamil dan kodifikasi insan kamil karena manusia pontifikal ini berangkat dari tradisi tradisional dan geneologi semua agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadziq, Abdullohhadziq17@gmail.comE97218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Budaya - Agama
Nabi Muhammad
Tasawuf
Keywords: Manusia pontifikal; insan kamil; modern
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Abdulloh Hadziq
Date Deposited: 25 Apr 2022 00:32
Last Modified: 25 Apr 2022 00:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52990

Actions (login required)

View Item View Item