Peningkatan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas V-B MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Merdawati, Khofifa (2022) Peningkatan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas V-B MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Khofifa Merdawati_D07218013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok di kelas V-B MINU Ngingas Waru Sidoarjo, hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus mengenai ketuntasan belajar sebesar 38% (kurang). Untuk meningkatkan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok, peneliti mengambil tindakan melalui pendekatan PMRI yang dilakukan dalam dua siklus.Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan PMRI dalam meningkatkan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok di kelas V-B MINU Ngingas Waru Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok di kelas V-B MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan PMRI. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan, Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan jumlah 39 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan pendekatan PMRI dalam materi volume bangun ruang kubus dan balok depat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,73 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,78 2) Peningkatan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan pendekatan PMRI dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dari siklus I yaitu 74,28 meningkat menjadi 83,17 Pada siklus II serta pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56% dan pada siklus II sebesar 82,05% yang merupakan jumlah siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Merdawati, Khofifakhofifa.merdawati@gmail.comD07218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorMas'ud, Shultonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Matematika
Keywords: Hasil belajar; pendekatan PMRI; volume bangun ruang kubus dan balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khofifa Merdawati
Date Deposited: 23 Apr 2022 08:13
Last Modified: 23 Apr 2022 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52994

Actions (login required)

View Item View Item