Pengenalan lambang NU beserta artinya di TK Muslimat NU Darul Ulum Gedong Kedo’an Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Eka Mar'atus (2022) Pengenalan lambang NU beserta artinya di TK Muslimat NU Darul Ulum Gedong Kedo’an Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Mar'atus Sholihah_D09217008.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pengenalan ke NU an jarang ditemui di sekolah lain terutama pada lembaga taman kanak-kanak, materi ke NU an biasanya secara intensif diberikan kepada jenjang Sekolah Dasar. Pada penerapannya sekolah menggunakan pola klasikal dan intensif diharapkan menambah pengetahuan tentang keagamaan dan kecintaan anak terhadap NU serta memberikan pedoman agama anak untuk masa dewasanya nanti. Penelitian ini bertujuan ; (1) Menjelaskan mengenai pengelolaan pembelajaran di TK Muslimat NU Darul Ulum Gedong Kedo’an Dukun Gresik. (2) Mengetahui mengenai pola pembelajaran yang digunakan pada pengenalan lambang NU dan artinya di TK Muslimat NU Darul Ulum Gedong Kedo’an Dukun Gresik. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengenalan lambang NU beserta artinya di TK Muslimat NU Darul Ulum Gedong Kedo’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses yang selanjutnya adalah proses analisis data yaitu dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sudah tersusun dengan baik, guru menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Pada pola pembelajaran lambang NU dan artinya guru menggunakan pola atau metode klasikal dan intensif, dari pengenalan tersebut dapat dilihat kemampuan anak dalam memahami singkatan NU, tokoh pendiri NU, dan macam-macam gambar lambang NU beserta artinya. Adapun faktor yang mendukung yaitu ada media yang digunakan dalam proses pembelajaran, berupa; poster lambang NU, foto tokoh pendiri NU dan lembar kerja. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu ada beberapa anak yang memiliki karakter aktif dan energik yang tidak bisa duduk diam ditempatnya, dikarenakan kurang keterlibatan anak anak dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Eka Mar'atussholiehah98@gmail.comD09217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Lambang NU; TK Muslimat NU
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Eka Sholihah
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:08
Last Modified: 25 Apr 2022 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52997

Actions (login required)

View Item View Item