Nilai-nilai moderasi Islam dalam buku Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai karya Emha Ainun Nadjib perspektif hermeneutika Hans George Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi', Ihwanun (2022) Nilai-nilai moderasi Islam dalam buku Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai karya Emha Ainun Nadjib perspektif hermeneutika Hans George Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ihwanun Nafi'_E91218077 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Nilai-nilai moderasi Islam. Moderasi dalam beragama, terutama agama Islam menjadi penting untuk dikaji seiring maraknya kekerasan yang mengatasnamakan agama. Dalam hal ini, buku karya Emha Ainun Nadjib yang berjudul “Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai” menarik untuk dikaji, mengingat banyak ungkapa-ungkapan dari pengarang yang mengarah pada moderasi Islam. Dalam menganalisis buku ini peneliti menggunakan teori hermeneutika Hans George Gadamer. Dalam skripsi ini permasalahan utama adalah; pertama, bagaimana nilai-nilai moderasi Islam dalam buku anggukan ritmis kaki pak kiai; kedua, bagaimana nilai-nilai moderasi Islam dalam buku “Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai” dikaji menggunakan teori hermeneutika Hans George Gadamer. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Library Research. Hasil penelitian skripsi ini didapatkan melalui ungkapan-ungkapan Emha Ainun Nadjib dalam buku karyanya tersebut. Dimana, moderasi Islam Emha Ainun Nadjib tidak hanya wacana semata yang ditulis dalam bukunya. Akan tetapi, merupakan penerapan langsung dalam kehidupannya, yang selalu menghargai, baik dalam lingkup muslim maupun non-muslim. Hasil dari penelitian ini, pemahaman moderasi yang ada pada buku tersebut dibangun dari situasi pra-pemahaman yang sama-sama moderat, kemudian pra-pemahan ini disempurnakan dengan pengaruh sejarah penulis yang dilatarbelakangi dari pondok pesantren, selanjutnya penafsir dapat memahami teks pada bagian adanya pengetahuan baru seperti, tentang ungkapan Ukhuwah Islamiah yang sebenarnya tidak diartikan hanya pada sesama orang muslim, tetapi seharusnya diartikan untuk semua umat, yang telah dijelaskan oleh penulis buku tersebut, yakni Emha Ainun Nadjib.
Kata Kunci: Nilai-nilai Moderasi Islam, Hermeneutika Gadamer, Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi', Ihwanunihwanunnafi8@gmail.comE91218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto Ja'far, Hermansuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Agama
Keywords: Nilai-nilai moderasi islam; hermeneutika gadamer, anggukan ritmis Kaki Pak Kiai
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ihwanun Nafi'
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:18
Last Modified: 23 Apr 2022 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52998

Actions (login required)

View Item View Item