Moderasi Anti-Feminisme pada Kanal Youtube Muslimah Media Center: analisis Fatima Mernissi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Alaniah, Almas Sharfina (2022) Moderasi Anti-Feminisme pada Kanal Youtube Muslimah Media Center: analisis Fatima Mernissi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Almas Sharfina 'Alaniah_E01218003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena perempuan pada ranah publik menjadi perbincangan yang sangat menarik, terutama pada saat ini di media daring. Hal tersebut terjadi pada kanal youtube Muslimah Media Center. Dimana Muslimah Media Center yang berafiliasi Hizbut Tahrir Indonesia yang tetap dengan pandangan keislamannya melakukan moderasi pada kaum perempuan di ranah publik. Kaum perempuan selain mengurus anak dan mengerjakan tugas rumah tangganya, kaum perempuan juga dapat berkecimpung dalam ranah publik untuk bekerja. Akan tetapi tetap mengikuti syariat Islam. Oleh karena itu, peneliti fokus dalam menyelesaikan penelitian ini merupakan perempuan di ranah publik yang dapat memoderasi pada kanal youtube Muslimah Media Center. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui moderasi anti-feminisme pada video unggahan kanal youtube Muslimah Media Center yang bertema perempuan di ranah publik dengan meggunakan analisis Fatima Mernissi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif analisis yang mana merupakan sebuah analisis untuk memperoleh data-data sesuai dengan fokus penelitian yang dilakukan secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan perspektif Fatima Mernissi untuk menganalisis perempuan di ranah publik pada kanal youtube Muslimah Media Center dan memperolah temuan bahwa Muslimah Media Center anti-feminisme yang dapat melakukan moderasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Alaniah, Almas Sharfinae01218003@uinsby.ac.idE01218003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Media Sosial
Keywords: Moderasi Anti-Feminisme; Youtube; Fatima Mernissi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Almas Sharfina 'Alaniah
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:03
Last Modified: 22 Apr 2022 21:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52999

Actions (login required)

View Item View Item