PENGARUH PEMBELAJARAN SALAWAT AL-BANJARI TERHADAP SPIRITUALITAS MAHASISWA ANGGOTA IQMA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanti, Richa Diana (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN SALAWAT AL-BANJARI TERHADAP SPIRITUALITAS MAHASISWA ANGGOTA IQMA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman, salawat al-banjari menjadi sorotan muda-mudi Jawa Timur untuk mengembangkan seni music islami, maka salawat al-banjari menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan kecintaannya kepada baginda Rasul Muhammad SAW, yang akan berpengaruh terhadap spiritualitas manusia kepada sang khaliq menuju insan yang kamil. Oleh karena hal itulah penulis mengadakan penelitian tentang “Pengaruh Pembelajaran Salawat Al-Banjari Terhadap Spiritualitas Mahasiswa Anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya.”
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pembelajaran salawat al-banjari di IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya, bagaimana spiritualitas mahasiswa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya, serta bagaimana pengaruh pembelajaran salawat terhadap spiritualitas mahasiswa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran salawat al-banjari, untuk mengetahui dan mendeskripsikan spiritualitas mahasiswa, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran salawat terhadap spiritualitas mahasiswa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya.
Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua, peneliti menggunakan metode diskriptif dengan menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga menggunakan rumus product moment. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis, maka diperoleh jawaban bahwa pembelajaran salawat di IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya adalah tergolong “Baik”. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 81,43%, yakni berada di antara 76% - 100%. Bahwa spiritualitas Mahasiswa di IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya tergolong “Baik” yang terbukti dari data angket yang telah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 82,9% yang berada di antara 76% - 100%.
Antara pembelajaran salawat dengan spiritualitas mahasiswa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya terdapat pengaruh. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment yang menghasilkan nilai positif dan nilai hasil df = 28, jika dikonsultasikan pada taraf signifikan 5 % = 0,361 dan pada taraf 1% = 0,463. Dari hasil signifikansi 5% dan 1% dapat diketahui bahwa “rXY” lebih besar dari “rtabel” (rhitung = 0,759181 > rtabel = 0,361). Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesa kerja (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran salawat dengan spiritualitas mahasiswa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya diterima. Dan hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan bahwa tidak adanya pengaruh antara pembelajaran salawat dengan spiritualitas mahasiswa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanti, Richa DianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Keywords: Pembelajaran Shalawat; Shalawat Al banjari; Mahasiswa; IQMA;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: richa diana
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:42
Last Modified: 29 Mar 2016 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item