Analisis strategi penyampaian pembelajaran pada masa transisi pandemi covid-19 di MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Durroh Nasihatul (2022) Analisis strategi penyampaian pembelajaran pada masa transisi pandemi covid-19 di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durroh Nasihatul Ummah_D97218079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan adanya perubahan tatanan kehidupan akibat wabah virus covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan. Salah satunya perubahan sistem kegiatan pembelajaran yang mengharuskan guru merancang pembelajaran baru yang menyenangkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini membuat guru dan siswa harus beradaptasi dengan kondisi belajar baru. Materi yang disampaikan kurang maksimal dengan ketersediaan waktu yang terbatas. Dengan adanya pengurangan jam belajar, guru perlu mempersiapkan strategi penyampaian pembelajaran yang tepat agar materi tetap dapat tersampaikan dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran pada masa transisi pandemi covid-19 di MIN 2 Kota Surabaya? 2) Bagaimana interaksi belajar yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran pada masa transisi pandemi covid-19 di MIN 2 Kota Surabaya? 3) Bagaimana bentuk belajar mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran pada masa transisi pandemi covid-19 di MIN 2 Kota Surabaya?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dengan model Milles and Huberman yaitu (data reduction) reduksi data, (data display) penyajian data, dan (verification) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyampaian pembelajaran pada masa transisi pandemi covid-19 di MIN 2 Kota Surabaya 1) Media pembelajaran yang digunakan pada masa transisi pandemi covid-19 yaitu saat daring menggunakan media verbal guru, video pembelajaran dan power point, saat PTM terbatas menggunakan media verbal guru, bigbook, papan tulis, buku paket dan lembar kerja siswa. 2) Interaksi belajar antara siswa dengan guru saat daring berjalan dua arah baik secara synchronous dan asynchronous, saat PTM terbatas berjalan dua arah. Interaksi antar sesama siswa saat daring tidak terjadi interaksi, saat PTM terbatas berjalan banyak arah, serta interaksi antara siswa dengan media berjalan bermedia baik saat daring dan PTM terbatas. 3) Bentuk belajar mengajar yang digunakan saat daring yaitu kelompok besar. Pada saat PTM terbatas berbentuk kelompok besar bershif dan kelompok kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Durroh Nasihatulshihadzikir45@gmail,comD97218079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pengajaran
Keywords: Strategi Penyampaian Pembelajaran; Masa Transisi Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Durroh Nasihatul Ummah
Date Deposited: 23 Apr 2022 11:22
Last Modified: 23 Apr 2022 11:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53019

Actions (login required)

View Item View Item