Teologi Al-Ma’ūn dan praktiknya dalam kegiatan organisasi pelajar Islam: studi living Quran pada kegiatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamuji, Fachrudi Putra (2022) Teologi Al-Ma’ūn dan praktiknya dalam kegiatan organisasi pelajar Islam: studi living Quran pada kegiatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fachrudi Putra Pamuji E03218009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teologi Al-Ma’ūn yang dikenal sebagaimana telah ada dalam satu abad ini dirasa sudah membeakan kontribusi besar bagi perubahan masyarakat di Indonesia, terkhusus pada aspek pendidikan, kesehatan dan sosial. Tersebarluasnya gerakan teologi ini menjadikan pemahaman masing-masing ortom di berbagai daerah juga memiliki pemahaman dan cara pengaktualisasian yang berbeda-beda. Sehingga perlu adanya pengetahuan yang mengenalkan cirikhas pengamalan Teologi Al-Ma’ūn pada masing masing kota terutama Surabaya. Beberapa rumusan masalah yang diteliti pada penelitian kali ini ialah: 1) Bagaimana pemahaman Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Surabaya terhadap Teologi Al-Ma’ūn, 2) Bagaimana aktualisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Surabaya terhadap teologi al-ma’ūn. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Surabaya terhadap teologi al-ma’ūn serta untuk menemukan aktualisasi IPM Surabaya terhadap teologi al-ma’ūn Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengambil jenis penelitian yang bersifat studi lapangan guna mengetahui resepsi masyarakat dalam memahami Alquran (living quran), dengan menggunakan metode deskriptif-analistis dengan melakukan observasi, wawancara, dan sekaligus dokumentasi. Kemudian mendeskripsikan pemahaman IPM Surabaya terhadap pemahaman mereka mengenai teologi al-ma’ūn dan sekaligus aktualisasinya dalam kegiatannya. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya studi yang menjelaskan mengenai aktualisasi teologi Al-Ma’ūn yang sudah di gaungkan dari satu abad lalu. Sekaligus menjelaskan resepsi IPM Surabaya dalam pemahaman maupun aktualisasi. Mengingat kultur organisasi masyarakat yang besar akan memiliki cirikhas tersendiri di masing-masing daerah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan terkait pemahaman Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Surabaya ialah pemahaman Teologi Al-Ma’ūn peduli masyarakat yang kurang beruntung terutama dalam hal pendidikan, namun tetap kepedulian sosial juga harus di akomodir demi kemashlahatan masyarakat dan pelajar dalam memperoloeh pendidikan yang sesuai Sedangkan dalam aktualisasinya Ikatan Pelajar Muhammadiyah banyak melakukan kegiatan berbasis masa yang berfokus kepada pendidikan pelajar yang terbelakang dan tertinggal, Dengan Program kerja tersebut dapat di klaim bahwa kegiatan IPM dalam mengaktualisasikan Teologi Al-Ma’ūn ialah pada ranah Pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamuji, Fachrudi PutraFahrudiputra@gmail.comE03218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Ideologi Islam
Muhammadiyah
Pendidikan
Keywords: Teologi Al-Ma’ūn; ikatan pelajar Muhammadiyah; pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fachrudi Putra Pamuji
Date Deposited: 22 Apr 2022 16:42
Last Modified: 22 Apr 2022 16:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53023

Actions (login required)

View Item View Item