Revivalisasi Umat Hindu di Desa Mondoluku Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Velayati, Lillah Nur (2022) Revivalisasi Umat Hindu di Desa Mondoluku Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lillah Nur Velayati_E02218012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Revivalisasi berasal dari kata Revival, yang bermakna perubahan atau membangkitkan kembali. Jadi kata Revivalisasi dalam umat Hindu adalah upaya pergerakan perubahan yang dilakukan mendirikan kembali yang semula habis berdiri dan berkembang menuju untuk dimurnikan kembali, dengan menggunakan perubahan masa Modern atau masa kini. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjawab beberapa rumusan masalah antara lain: yang pertama, mengapa umat Hindu melakukan proses Revivalisasi di Desa Mondoluku?. Yang kedua, bagaimana proses Revivalisasi umat Hindu di Desa Mondoluku?. Yang ketiga, bagaimana pengaruh Revivalisasi umat Hindu dalam kehidupan beragama di Desa Mondoluku?. Penelitian ini menggunakan peneitian field research atau penelitian lapangan yang di kerjakan dalam Desa Mondoluku dan Pura Medang kamulan, penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif. Karena penelitian ini mengkaji sebuah gambaran Revivalisasi umat Hindu hanya di Desa Mondoluku. Dalam bagian teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik metode observasi, wawancara dan dokumentasi hingga terkumpul menjadi file yang valid.Hasil yang didapat dalam penelitian adalah Revivalisasi umat Hindu Desa Mondoluku berusaha untuk menjadi masyarakat sosial saling persaudaraan dalam beragama dan memegang tegung kebudayaan tradisi keagamaan apa yang dianutnya masing-masing, termasuk dalam proses Revivalisasi yang mempunyai 3 jenis Revivalisasi yaitu: Revivalisasi Refleksif, Rejeksionis dan Radikalis awam. Dengan demikian, dalam Revivalisasi umat Hindu Desa Mondoluku ini akan berusaha menjawab atas pengaruh Revivalisasi umat Hindu terhadap Beragama dengan sejarah Kebhinekaan Tunggal Ika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Velayati, Lillah Nure02218012@uinsby.ac.idE02218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Agama > Hindu
Keywords: revivalisasi; umat Hindu Kabupaten Gresik (Desa Mondoluku)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: LILLAH NUR VELAYATI
Date Deposited: 26 Apr 2022 14:51
Last Modified: 26 Apr 2022 14:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53050

Actions (login required)

View Item View Item