Aplikasi analisis wacana kritis Norman Fairclough dalam buku “Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragam” Karya M. Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choliq, Mohamad Abadul (2022) Aplikasi analisis wacana kritis Norman Fairclough dalam buku “Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragam” Karya M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Abdul Choliq_E91216059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap muslim diwajibkan mematuhi serta mengikuti petunjuk kitab suci al-Qur’an, sebab al-qur’an adalah petunjuk yang mutlak, maka dengan ini orang Islam akan mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan di kehidupan dunia serta akhirat. Sudut pandang mengenai keberagaman yang ekstrim sangat tidak di inginkan oleh umat Islam jika dilihat dari sisi manapun yakni sisi ibadah, akhlak maupun mu’amalah. Islam Wasathiyyah atau yang biasa disebut Moderasi Islam bisa dikatakan merupakan satu diskursus yang sering dibicarakan, sebab kerapkali pengartikulasian beberapa golongan mengenai ajaran Islam sering menimbulkan sebuah pandangan yang ekstrim, sebagai akibatnya hal ini dapat menjadi sebuah pemicu praktik intoleran dalam jalur kekerasan. Sebutan “muslim moderat” menjadi perbincangan yang populer yakni dengan menggunakannya untuk menekankan sebuah ajaran gerakan pembaharuan Islam oleh sebagian besar kalangan. Dengan memperhatikan apa yang ada di paragraph pertama, peneliti mempunyai maksud untuk mengulas topik Hakikat Wasathiyyah serta pengaplikasian moderasi beragama dari M. Quraish Shihab. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis (AWK) Norman Fairclough dan deskriptif analisis sebagai metodenya. Berlandaskan uraian itu, peneliti menemukan hal-hal yang sangat krusial saat meneliti. moderasi beragama atau Islam wasathiyyah ini di jelaskan oleh M. Quraish Shihab melalui wacananya yakni pada sub judul Hakikat Wasathiyyah dalam buku Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Yang memang dari tiga model diskursus yang di tawarkan oleh Norman Fairclough yakni teks, discource practice, dan sosiocultural practice ini hakikat wasathiyyah perlu untuk diteliti dalam upayah menemukan pembentukan wacana dari subjek yang di represantikan dalam bahasa dan ideologi seperti apa yang ingin dimenangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choliq, Mohamad Abadulcholiq132@gmail.comE91216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Ideologi Islam
Toleransi Islam
Keywords: Quraish Shihab; hakikat Wasathiyyah; Norman Fairclough
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Choliq Mohamad Abdul
Date Deposited: 26 Apr 2022 21:11
Last Modified: 26 Apr 2022 21:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53064

Actions (login required)

View Item View Item