Perubahan persepsi masyarakat tentang vaksinasi Covid-19 di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatikah, Putri (2022) Perubahan persepsi masyarakat tentang vaksinasi Covid-19 di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Fatikah_I73218048.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Perubahan persepsi masyarakat tentang vaksinasi covid-19, perubahan persepsi masyarakat dipengaruhi oleh faktor internal (dari diri individu) dan faktor eksternal (dari luar individu). Vaksinasi covid-19 merupakan suatu upaya menyuntikkan antigen ke dalam tubuh untuk melindungi masyarakat terhadap Covid-19. Vaksinasi Covid-19 menjadi hal yang baru di masyarakat dalam upaya penanganan Covid-19. Perbedaan persepsi diantara masyarakat seringkali menimbulkan pro dan kontra hal ini dipengaruhi oleh perbedaan pola pikir masyarakat dalam memahami Vaksinasi Covid-19. Perubahan persepsi masyarakat dalam mengetahui pentingnya vaksinasi covid-19 turut berpengaruh pula pada keputusan masyarakat Desa Sumberarum dalam melakukan Vaksinasi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan tehnik purposive sampling. Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead, hal ini bertujuan untuk mengetahui perubahan persepsi masyarakat tentang Vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan konsep pemikiran mead mengenai mind, self, society sebagai suatu ide dasar pembentukan makna dalam suatu interaksi simbolik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Desa sumberarum berlangsung sejak bulan juni 2021 dan pada 14 Desember 2021 dilaksanakan percepatan Vaksinais covid-19 melalui sistem Jemput Bola. (2) Pada awalnya persepsi masyarakat tentang Vaksinasi Covid-19 adalah sebagai syarat untuk berpergian, namun kini banyak masyarakat yang telah memahami arti pentingnya vaksinasi covid-19 dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Faktor perubahan persepsi masyarakat Desa Sumberarum dilatar belakangi oleh faktor internal (kesadaran individu), serta faktor eksternal (lingkungan dan interaksi yang terjalin dengan masyarakat lain, serta melalui media sosial). (3) Upaya yang dilakukan pemerintah desa sumberarum dalam percepatan Vaksinasi Covid-19, melalui Vaksinasi Jemput Bola, himbauan melalui media whatsapp grup, pengeras suara di masjid dan selalu berkoordinasi dengan tenaga kesehatan desa dalam penyebaran informasi perihal Vaksinasi Covid-19. Dapat disimpulkan bahwa, persepsi masyarakat Desa Sumberarum telah mengalami perubahan, terutama pada kegunaan dan manfaat Vaksinasi Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatikah, Putriputrifatikah15@gmail.comI73218048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Khusnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Keywords: Perubahan; persepsi; masyarakat; vaksinasi Covid-29
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Putri Fatikah
Date Deposited: 25 Apr 2022 22:24
Last Modified: 25 Apr 2022 22:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53066

Actions (login required)

View Item View Item