HERO: model sinergitas sebagai Aksi Solusi Sustainable Development Desa melalui pengembangan Gerakan Filantropi dan Pendampingan Kegiatan Pasar Modal pada The Great Unwashed

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Eka Mega (2022) HERO: model sinergitas sebagai Aksi Solusi Sustainable Development Desa melalui pengembangan Gerakan Filantropi dan Pendampingan Kegiatan Pasar Modal pada The Great Unwashed. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Mega Pertiwi_G94218166.pdf

Download (3MB)

Abstract

SDGs desa dapat meningkatkan pertumbuhan berkelanjutan secara nasional mengingat bahwa desa memiliki potensi yang unggul. Cara yang dapat dilakukan adalah bersinergi bersama serta melalui pengembangan dan pendampingan filantropi dan pasar modal. Metode penelitian ini adalah mixed methods atau penelitian kombinasi dengan model sequential exploratory design pada pendekatan action research dan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menemukan tindakan efektif pada perbaikan dan peningkatan level SDGs desa serta pengoptimalan potensi masyarakat dan desa. Lokasi penelitian berada di Desa Brambang Sukomoro Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model sinergitas sebagai aksi solusi sustainable development desa melalui pengembangan filantropi dan pasar modal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat baik petani, pengusaha, buruh ataupun serabutan mampu mengoptimalkan potensinya dengan bantuan Ummah Business Market (UBM) dan HERO, sehingga masyarakat mampu berinvestasi di pasar modal, mengimplementasikan filantropi, menaikkan taraf kehidupan masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, serta memperbaiki dan meningkatkan SDGs. Selain itu, menghasilkan pengembangan filantropi dan pasar modal berbasis green economy dan teknologi yang menyinergikan beberapa lembaga terkait dengan memberdayakan masyarakat berdampak pada 5P dan 1S (People, Planet, Partnership, Prosperity, Peace, and Sharia) dan dapat meraih seluruh SDGs desa kecuali SDGs Desa 11, 13, 16, dan 18 serta mampu mengoptimalkan potensi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Eka Megaeka19mp@gmail.comG94218166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Keuangan Islam
Keywords: Filantropi; pasar modal; pertanian; sinergi; SDGs
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eka Mega Pertiwi
Date Deposited: 24 Apr 2022 07:14
Last Modified: 24 Apr 2022 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53069

Actions (login required)

View Item View Item