Relevansi ayat-ayat Al Qur’an dengan teori terkait investasi: studi komparasi Tafsir Ibn Katsir dan Tafsir Asy-Sya’rawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifa, Nabila Nur (2022) Relevansi ayat-ayat Al Qur’an dengan teori terkait investasi: studi komparasi Tafsir Ibn Katsir dan Tafsir Asy-Sya’rawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Nur Cholifa_E03217037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Investasi ialah sesuatu yang dimiliki perseorangan atau perusahaan diberbagai bidang usaha maupun proyek yang tidak bergerak dan dimiliki serta ditanami modal dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan atau laba periodik atas penjualan yang dimiliki dalam waktu yang lumayan relatif lama. Investasi merupakan salah satu kegiatan yang menunjang majunya perekonomian suatu negara serta merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.Namun tidak ada ayat ayat Al Qur’an yang secara eksplisit menyinggung tentang kegiatan investasi tersebut. Tulisan ini akan mengkaji bagaimana teori investasi disinggung dalam Al Qur’an dengan menggunakan penafsiran Ibnu Katsir dan Asy Sya’rawi. Tujuan dalam pembuatan yang berjudul “Analisis Konsep Investasi dalam Al Quran (Studi komparatif Muhammad Mutawalli asy Sya’rawi dan Ibn Katsir) adalah mengetahui maksud konsep investasi secara umum, mengetahui perbedaan investasi syari’ah dan konvensional, mengetahui latar belakang dan metodologi penafsiran Ibn Katsir dan as Sya’ra>wi,memahami perbedaan serta persamaan penafsiran Ibn Katsir dan as Sya’rawi.Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif kategori studi kepustakaan,dimana semua bahan yang diperlukan diperoleh dari dokumen perpustakaan dan buku-buku, baik itu Al Quran, tafsir dan buku-buku yang relevan dengan studi ini.Secara implisit, ayat-ayat ini memberikan informasi akan pentingnya investasi, Orang dengan kekayaan financial (keuangan) kemudian menginfakkan hartanya untuk pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu melalui usaha produktif. Berdasarkan dua kitab tafsir diatas, disimpulkan bahwa Ibnu Katsir dan as-Sya’rawi tidak ada perbedaan yang signifikan, hanya saja terdapat khas tersendiri pada masing-masing penafsiran terkait teori investasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifa, Nabila Nurkholifnabila4@gmail.comE03217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Investasi
Keywords: Investasi; Asy Sya’rawi dan Ibn Katsir; Tafsir al Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nabila Cholifa
Date Deposited: 14 May 2022 14:33
Last Modified: 14 May 2022 14:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53070

Actions (login required)

View Item View Item