Pengaruh Islamicity Performance Index dan Operating Efficiency Ratio terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah dengan Intellectual Capital sebagai Variabel Moderasi Periode 2016-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhiroh, Zakiyatul (2022) Pengaruh Islamicity Performance Index dan Operating Efficiency Ratio terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah dengan Intellectual Capital sebagai Variabel Moderasi Periode 2016-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyatul Fakhiroh_G72218060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh islamicity performance index (profit sharing ratio & islamic income ratio) dan operating efficiency ratio terhadap profitabilitas perbankan syariah dengan Intellectual Capital sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank Umum Syariah (BUS) yang berada di Indonesia pada rentang tahun 2016-2020. Sampel dipilih secara purposive sampling sebanyak 11 bank. Analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan software Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya profit sharing ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan islamic income ratio tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sementara itu, operating efficiency ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, yang dalam hal ini hasil tersebut didukung oleh efficiency structure theory. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa intellectual capital dapat memoderasi hubungan antara profit sharing ratio dan operating efficiency ratio terhadap profitabilitas, namun tidak dapat memoderasi hubungan islamic income ratio terhadap profitabilitas. Dalam hal ini, islamicity performance index dilakukan untuk mengungkapkan nilai-nilai materialistik dan spiritual dalam memenuhi tugas sebagai bank umum syariah. Sehingga disarankan kepada bank syariah untuk lebih mengembangkan profesionalisme dalam menjalankan aktivitas sesuai dengan prinsip syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhiroh, Zakiyatulzakiyatulfakhiroh999@gmail.comG72218060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Akuntansi
Keywords: islamicity performance index; operating efficiency ratio; intellectual capital; profitabilitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Zakiyatul Fakhiroh
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:21
Last Modified: 25 Apr 2022 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53073

Actions (login required)

View Item View Item