تغييرات الأوزان العروضية والقافية في شعر الخنساء ببحر البسيط

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Salsabila (2022) تغييرات الأوزان العروضية والقافية في شعر الخنساء ببحر البسيط. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila_A91218125.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana perubahan wazan ‘Arudl dalam syi’ir Khonsa’ yang menggunakan bahar basith ?, 2) Apa saja unsur-unsur qafiyah dalam syi’ir Khonsa’ yang menggunakan bahar basith? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan wazan ‘Arudl dan juga unsur-unsur qafiyah yang ada dalam syi’ir Khonsa’ yang menggunakan bahar basith. Untuk teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini ada teori objektif, yakni dengan membaca syi’ir-syi’ir dalam diiwanul Khonsa’ dan mengklasifikasikan mana saja yang menggunakan bahar basith (pengulangan taf’ilah yaitu mustaf’ilun faa’ilun mustaf’ilun faa’ilun mustaf’ilun faa’ilun mustaf’ilun faa’ilun) dan bagaimana perubahannya,setelah itu peneliti hanya meneliti 5 judul pertama yang menggunakan bahar basith, kemudian perubahan yang berupa zihaf (kecepatan irama) ‘illat (kecacatan irama), dan qafiyah (yaitu akhir kata yang ada dalam bait syi’ir, yang dihitung mulai dari huruf yang terakhir pada bait sampai dengan huruf hidup sebelum huruf mati yang ada diantara kedua huruf hidup tersebut). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis sastra. Adapun hasil dari penelitian ini dalam Perubahan Wazan ‘Arudl dan Qawafi dalam Syi’ir Khonsa’ yang menggunakan Bahar Basith menunjukkan bahwa: 1. Adapun seteleh peneliti melakukan penelitian ditemukan zihaf khabn (pembuangan huruf yang kedua) yaitu : Al-Majdu Hullatuhu pada bait : 3,4,6 ; Yaa Farisal Khoili pada bait : 5,6,9 ; Ni’mal Fataa pada bait : 1,2,3,5,6 ; Al-Musybi’ul Qoum pada bait : 1,2,3 ; Qad ‘Isyta Fiina pada bait : 2,5,6,7. 2. Unsur-unsur qafiyah dalam syi;ir Khonsa’ yang menggunakan bahar basith ditemukan : a) Kata-kata qafiyah : 1) sebagian kata, 2) satu kata, 3) satu kata dan sebagian yang lain, 4) dua kata b) Huruf-huruf qafiyah : Ar-Rawi (huruf yang dijadikan dasar dan dijadikan pedoman bagi kasidah), Al-Washl (huruf mad meng-ishba’kan harokat rawi dan ha’ yang mendampingi rawi), Ar-Ridf (huruf mad yang terdapat sebelum rawi) c) Harakat qafiyah diantaranya al-Mujra (harakat rawi mutlak) dan Al-Hadzwu (harokatnya huruf sebelum ridf) d) Macam-macam bentuk qafiyah : yakni muthlaqoh mardufah dan muthlaqoh mujarrodah e) Kecacatan qafiyah : At-Tadlmin (sambungannya bait terakhir dengan awal bait setelahnya) dalam judul “Al-Majdu Hullatuhu” dalam bait ke 11. f) Nama qafiyah dalam 5 judul syi’ir Khonsa’ yang menggunakan bahar basith yaitu mutawatir dan mutarakib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Salsabilasalsabila48048@gmail.comA91218125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Estetika
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Perubahan wazan arudl; qawafi; syiir khonsa; dan bahar basith
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:01
Last Modified: 25 Apr 2022 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53076

Actions (login required)

View Item View Item