Tawakal dalam perspektif dosen dan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mantan pasien covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Sigit Hardian (2022) Tawakal dalam perspektif dosen dan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mantan pasien covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sigit Hardian Pamungkas_E97217074 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Skripsi ini membahas mengenai tawakal dalam pandangan dosen serta mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mantan pasien covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan penulis atas penerapan tawakal oleh dosen dan juga mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang pernah menjadi pasien terkonfirmasi covid yang telah berupaya sembuh dan menyerahkan serta percaya akan pertolongan Allah. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana perspektif dosen dan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mengenai konsep tawakal, 2) Bagaimana dosen dan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya menerapkan sikap tawakal .Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi tentang tawakal yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa tersebut. Konsep tawakal adalah penyerahan perkara oleh manusia kepada Allah yang mana sebelumnya telah dilakukan ikhtiar, sehingga apa yang didapat adalah rezeki terbaik-Nya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitiannya dalah dosen dan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang pernah terinfeksi covid-19 dan telah disepakati bahwa nama akan disamarkan demi menjaga hal yang berkaitan dengan ranah pribadi. Subjek penelitian terdiri dari 5 dosen dan 7 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Validitas data dilakukan adalah dengan meningkatkan ketekunan,perpanjangan pengamatan dan juga melibatkan teman sejawat. Data-data yang tercantum dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu data yang diperoleh dari narasumber berisi kapan dan berapa lama terinfeksi covid, respon saat pertama kali mengetahui, kekhawatiran, motivasi dan upaya penyembuhan, pandangan covid dari kacamata narasumber dan agama serta konsep tawakal dan pengimplementasiannya. Data-data pendukung lain yaitu mengenai pengertian covid, pengertian dosen dan mahasiswa serta data yang mencakup covid sebagai landasan penelitian. Adapun temuan dan kesimpulan yang diperoleh adalah, 1) Tawakal menurut para informan meliputi usaha dan menyerahkan hasil kepada Allah, berpikir positif terhadap keputusan Allah, sebagai penguat hati, sikap menerima keputusan Allah serta tidak meragukan kuasa Allah; dan 2) Para informan masing-masing melakukan usaha yang berbeda-beda tergantung pada kondisi dan kesempatan yang dihadapi saat itu, dan banyak dari mereka telah melaksanakan dengan baik meski sebagian dari mereka juga masih merasakan kekhawatiran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Sigit Hardiansigithpamungkas@gmail.comE97217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji--2027096201
Subjects: Islam dan Humanisme
Tasawuf
Keywords: Tawakal; Dosen; Mahasiswa; Covid
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Sigit Hardian Pamungkas
Date Deposited: 30 Dec 2022 05:38
Last Modified: 17 Oct 2023 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53077

Actions (login required)

View Item View Item