Analisis kesalahan fonologi dalam membaca Surat Hujurat di Taman Pendidikan An Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyanti, Analia (2022) Analisis kesalahan fonologi dalam membaca Surat Hujurat di Taman Pendidikan An Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Analia Widiyanti_A01218006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari yang namanya kesalahan. Kesalahan fonologi adalah kesalahan yang terjadi pada bunyi bahasa Arab yang meliputi harakatnya, penambahan huruf, penggantian huruf dan lain lain. Dan kesalahan itu dapat menghambat suatu pembelajaran. Fokus penelitian ini mengidentifikasi kesalahan – kesalahan fonologi berdasarkan bentuk – bentuk kesalahan berbahasa dan sebab – sebab kesalahan berbahasa dalam membaca Surat Hujurat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bentuk-bentuk kesalahan membaca Surat Hujurat santri di TPQ An-Nur, Surabaya dalam tataran fonologi, 2) faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca Surat Hujurat di TPQ An-Nur, Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pendekatannya menggunakan metode studi kasus. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi secara kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti hanya mengambil 2 santri dari 40 santri.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan fonologi dalam membaca Al-Qur’an Santri TPQ An-Nur Surabaya adalah 1) Kesalahan penggantian huruf satu dengan lainnya, 2) kesalahan karena terpengaruhnya bahasa Ibu, dan 3) Faktor lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyanti, Analiaanaliawidiyanti@gmail.comA01218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kesalahan fonologi; membaca; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Analia Widiyanti
Date Deposited: 24 Apr 2022 09:14
Last Modified: 24 Apr 2022 11:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53079

Actions (login required)

View Item View Item