Penerapan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19 di sekolah KB-RA Istiqomah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismawati, Ismawati (2022) Penerapan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19 di sekolah KB-RA Istiqomah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismawati_D99217066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pada masa pandemi covid-19 seluruh aktivitas baik dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan anak usia dini dilakukan secara daring. Semua pendidikan melakukan pembelajaran dengan daring dan menerapkan kurikulum darurat yang sesuai dengan keputasan Surat Edaran. Dengan adanya penerapan kurikulum darurat diharapkan perkembangan dan pertumbuhan anak didik tetap berkembang secara maksimal dengan bantuan orang tua yang pada saat ini lebih sering membimbing anaknya dalam pembelajaran secara online.Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui bagaimana implementasi penerapan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19 di sekolah KB-RA Istiqomah Sidoarjo Jawa Timur (2). Untuk mengetahui apa saja kendala dan Pengaruh dalam penerapan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19 di sekolah KB-RA istiqomah Sidaorjo Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengumpulan data proses selanjutnya adalah proses dalam menganalisis data yaitu dengan cara teknik pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah KB-RA Istiqomah Sidoarjo yaitu telah menerapkan kurikulum darurat pada tahun 2020 semester 2, penerapan kurikulum darurat dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan kondisi yang ada dan pembelajaran yang digunakan yaitu dengan cara daring, lalu menyiapkan materi sesuai dengan kurikulum darurat, guru menyiapkan bahan atau alat pembelajaran pada akhir tema dan RPPH disusun setiap seminggu sekali dan guru juga membuat video pembelajaran yang dapat pelajari anak didiknya dirumah. Dan media yang digunakan untuk pembelajaran yaitu Handphone atau Leptop dan aplikasi Whatsapp, Google meet, dan Zoom. Dan kendala yang dialami selama menerapkan kurikulum darurat yaitu kendala pendukung mendapatkan bantuan dana dari pemerintah, lingkungan sekolah lebih memperhatikan, wali murid dan guru mendapatkan kuota internet, guru lebih dekat dengan orang tua, dan anak didik lebih dekat dengan orang tua, dan kendala penghambat yaitu kepala sekolah lebih banyak merombak kurikulum darurat, pembelajaran menjadi singkat, tidak maksimal, guru bekerja lebih lama dalam mengajar, hanphone yang digunakan orang tua untuk kerja, dan guru hanya dapat menilai dengan hasil akhir dan pada saat pembelajaran video call.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismawati, Ismawatiismawati14011999@gmail.comD99217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Kurikulum
Keywords: penerapan kurikulum darurat; kurikulum darurat pada masa pandemi; masa pandemi covid-19 di Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ismawati Ismawati
Date Deposited: 26 Apr 2022 14:43
Last Modified: 26 Apr 2022 14:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53087

Actions (login required)

View Item View Item