Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pendidikan inklusi di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusmiati, Kusmiati (2022) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pendidikan inklusi di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kusmiati_D71218076.pdf

Download (21MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus, pertama kali adalah sekolah luar biasa (SLB) sebagai solusi agar anak berkebutuhan khusus dapat berkembang. Akan tetapi, adanya sekolah luar biasa (SLB) ini terdapat suatu kelemahan, salah satu kelemahannya adalah anak berkebutuhan khusus kurang bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Sehingga muncul model pendidikan inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada pendidikan inklusi di SMP Negeri 13 Surabaya. Guru PAI di SMP Negeri 13 Surabaya melakukan proses pembelajaran di kelas inklusi melalui pembelajaran dimodifikasi. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dan ingin mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI dalam pendidikan inklusi. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan di sekolah tersebut berkaitan dengan pembelajaran PAI pada pendidikan inklusi. Sistem pembelajaran anak ABK di SMP Negeri 13 Surabaya mulai jam pertama sampai istirahat yaitu belajar bersama dikelas reguler. Sedangkan setelah jam istirahat sampai sore, anak ABK kembali ke ruang pintar untuk mendapatkan bimbingan dengan guru khusus yaitu guru PLB dan psikolog. Materi pembelajaran PAI di kelas reguler yang ada anak ABK sama, perbedaaannya terdapat penyederhanaan materi, terutama bagi anak ABK yang sulit memahami materi dan konsentrasinya kurang. Metode yang sering digunakan adalah metode demonstrasi atau praktek langsung daripada metode ceramah, karena jika anak ABK diberi teori kemungkinan kecil siswa dapat menerima. Kesulitan pembelajaran PAI pada anak ABK yaitu dalam hal komunikasi dan penyampaian materi anak ABK kebanyakan adalah slow learner mereka memiliki kemampuan dibawah rata-rata dan konsentrasinya kurang. Kelebihannya yaitu melatih guru untuk lebih sabar dalam menyampaikan materi, karena mengajar anak ABK tidak mudah seperti mengajar pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusmiati, Kusmiatikusmiati792000@gmail.comD71218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna AW, Liliekliliekchanna@uinsby.ac.id2018126701
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Agama
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; pembelajaran PAI; pendidikan inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kusmiati Kusmiati
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:34
Last Modified: 26 Apr 2022 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53095

Actions (login required)

View Item View Item