HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SANTRIWATI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuha, Ibtisam Salimatun (2014) HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SANTRIWATI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Perilaku asertif adalah cara menyatakan sesuatu dengan sopan mengenai hal-hal yang menyenangkan maupun yang dirasa mengganggu atau kurang berkenan. Sedangkan bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh sekelompok individu yang memiliki kekuasaan, terhadap individu lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Bullying merupakan masalah penting yang perlu diperhatikan di lingkungan asrama, biasanya dilakukan oleh kakak kelas terhadap adik kelas atau orang yang lebih kuat. Salah satu faktor yang menentukan bullying adalah perilaku asertif pada santriwati. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku Bullying dengan Perilaku Asertif. Penelitian dilakukan terhadap 117 santriwati Asrama IV Ainusyam PPDU Jombang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku bullying dan skala perilaku asertif. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara perilaku bullying dengan perilaku asertif pada santriwati Asrama IV Ainusyam PPDU Jombang. Nilai koefisien dengan (r) = (-0,663), probabilitas kesalahan (p) = 0,005. Hal ini berarti semakin tinggi perilaku asertif siswa maka semakin rendah kemungkinan melakukan bullying demikian juga sebaliknya, semakin rendah perilaku asertif maka semakin tinggi kemungkinan melakukan perilaku bullying. Sumbangan efektif perilaku bullying terhadap perilaku asertif sebesar 0,9%, sisanya 99,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Tatik Mukhoyyaroh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuha, Ibtisam SalimatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Perilaku Asertif; Perilaku Bullying
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2015 00:01
Last Modified: 10 Feb 2015 00:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item