pengaruh limbah air tahu terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Rohmah Choirun (2022) pengaruh limbah air tahu terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmah Choirun Nisa'_H71215033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budidaya tanaman sayur menjadi salah satu komoditas penting dalam ketahanan pangan nasional salah satunya tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Pertumbuhan, perkembangan dan pergerakan tumbuhan dikendalikan beberapa golongan zat yang disebut hormon tumbuhan atau fitohormon dan juga memerlukan unsur hara yang cukup, salah satu unsur hara yang penting adalah Nitrogen. Untuk mendapatkan Nitrogen dan unsur hara lainnya bisa didapatkan dari pupuk. Salah satu pupuk organik yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar adalah dengan mengolah limbah air tahu yang nantinya bisa dijadikan sebagai alternatif pupuk organik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu perlakuan A (kontrol), B (50 ml), C (100 ml), D (150 ml), E (200 ml) dan menggunakan metode eksperimen untuk mengungkap adanya pengaruh limbah air tahu terhadap tinggi tanaman, jumlah helai daun dan berat basah tanaman sawi.berdasarkan hasil penelitian secara pengamatan menunjukkan bahwa pemberian limbah tahu berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman yang optimum pada perlakuan C yaitu 13 cm, rerata jumlah helai daun optimum pada perlakuan E yaitu 6 helai daun dan berat basah tanaman sawi hijau optimum pada perlakuan B yaitu 0,056 ons sedangkan hasil penelitian berdasarkan analisis ANOVA kurang berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman sawi hijau dengan hasil nilai signifikan 0,478. Berdasarkan pengamatan limbah air tahu berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, rerata jumlah helai daun dan berat basah tanaman sawi hijau. sedangkan berdasarkan hasil analisis ANOVA kurang berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman sawi hijau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Rohmah Choirunrohmahchoirunnisa86@gmail.comH71215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com198804202018011002
Subjects: Biologi
Keywords: Limbah air tahu; sawi hijau (Brassica juncea L.)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Rohmah Choirun Nisa'
Date Deposited: 07 May 2022 00:15
Last Modified: 07 May 2022 00:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53114

Actions (login required)

View Item View Item