Budidaya ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) dan tanaman kangkung air (Ipomoea aquatica) dengan menggunakan sistem akuaponik di dalam ember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dina trianti (2022) Budidaya ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) dan tanaman kangkung air (Ipomoea aquatica) dengan menggunakan sistem akuaponik di dalam ember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Trianti Putri_H71216055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akuakultur sudah lama dilakukan oleh masyarakat di Indonesia terutama dalam budidaya ikan.Namun, terdapat sedikit permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang muncul meliputi tentang kualitas air, keterbatasan lahan budidaya dan sisa pakan. Solusi alternatif yang ditawarkan adalah dengan menggunakan sistem akuaponik. Akuaponik merupakan kombinasi sistem akuakultur dan hidroponik yang saling menguntungkan. Akuaponik dapat dilakukan di lahan yang terbatas dan diterapkan dalam skala kecil untuk rumahan. Fungsi akuaponik adalah untuk memelihara ikan sertatanamandalamlingkunganyangtersirkulasidansistemyangsalingterhubung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jumlah ikan lele terhadap pertumbuhan ikan lele dan tanaman kangkung air serta kualitas air media budidaya sistem akuaponik dengan wadah ember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap. Terdapat 5 perlakuan variasi jumlah ikan lele, yaitu perlakuan A (20 ekor), B (25 ekor), C (30 ekor), D (35 ekor) dan E (40 ekor). Hasil penelitian menunjukkan kualitas air di setiap perlakuan berada dalam kisaran optimum yaitu suhu di setiap bulan sebesar 26,5◦C–28,5◦C,pHsetiapbulansebesar6,5–6,8dannilaiECsekitar0–0,4ppm. Pada berat ikan terbaik ada pada perlakuan A (20 ekor) yaitu dengan rata-rata sebesar 147,4 gr, pada panjang ikan mendapatkan nilai terbaik di perlakuan A (20 ekor) dengan rata-rata sebesar 21,60 cm.Untuk hasil pertumbuhan tanaman kangkung air yang meliputi tinggi tanaman memperoleh hasil terbaik di perlakuan B(25ekor)sebesar24,94 cm,jumlahdaundiperlakuanA(20ekor)sebanyak9,80 dan berat segar di perlakuan A (20 ekor) sebanyak 150gr.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dina triantidinatrianti7@gmail.comH71216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Subjects: Biologi
Keywords: Akuaponik; akuakultur; ember; ikan lele dumbo (Clarias gariepinus); kangkung air (Ipomoea aquatic)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Dina Trianti Putri
Date Deposited: 08 May 2022 12:44
Last Modified: 08 May 2022 12:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53116

Actions (login required)

View Item View Item