Pemodelan Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia dengan pendekatan metode Regresi Probit Biner

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Silvia Kartika (2022) Pemodelan Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia dengan pendekatan metode Regresi Probit Biner. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Kartika Sari_H02218011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi adalah bagian dari isu penting bagi negara dan dapat dicirikan oleh pasar modal yang berkembang dengan baik. Pasar modal tidak dapat dipisahkan berdasarkan investasi pada pasar saham. Pergerakan harga saham dapat diamati melalui suatu indeks yang dinamakan IHSG. Besarnya return yang diterima oleh para investor tersebut dapat mempengaruhi keputusan investor untuk membeli atau menjual saham yang dimilikinya. Sehingga, penting bagi investor dapat memahami pergerakan harga saham agar tidak terjadi kerugian yang sangat besar. Bagian dari cara untuk memahami pergerakan harga saham yaitu dengan menganalisis dan memahami variabel-variabel yang mempengaruhi pergerakan IHSG. Maka dari itu diperlukan pemodelan mengenai pergerakan IHSG, dalam mengatasi hal tersebut ada metode yang dapat digunakan yaitu Regresi Probit Biner yang mempunyai kemampuan untuk mengetahui peluang setiap pergerakan naik dan turun pada IHSG. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi pergerakan IHSG adalah KURS, jumlah uang beredar (M2), inflasi, dan BI-7DRR dengan toleransi tingkat kesalahan (α) 10% atau 0,1 dengan tingkat kepercayaan 90%. Ketepatan klasifikasi serta nilai Pseudo R-square Nagelkerke sebesar 76 persen dan 34,3 persen dengan nilai specificity serta sensitivity sebesar 57 persen dan 90 persen. Dilihat dari nilai efek marginal dapat diketahui bahwa BI-7DRR memiliki kontribusi terbesar yaitu 65,1 persen dalam naik dan turunnya nilai IHSG.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Silvia Kartikailviakartikas08@gmail.comH02218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalapuput.in@gmail.com0728058802
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Investasi
Keywords: Saham; BEI; IHSG; pemodelan; Regresi Probit Biner
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:16
Last Modified: 27 Apr 2022 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53121

Actions (login required)

View Item View Item