Analisis resistensi terhadap implementasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) menggunakan Integrated Resistence Factor Model (IRFM) di instansi pemerintah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Yasinta (2022) Analisis resistensi terhadap implementasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) menggunakan Integrated Resistence Factor Model (IRFM) di instansi pemerintah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasinta Rahayu_H76216051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keamanan informasi adalah pengamanan informasi dari seluruh ancaman yang mungkin terjadi dalam upaya untuk menjamin kelangsungan bisnis, meminimalis risiko dan memaksimalkan pengambilan invenstasi dan peluang bisnis. Dengan memahami pentingnya keamanan informasi maka diharapkan dapat memberikan kesadaran akan menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). Ada beberapa variabel yang mempengaruhi resistensi yaitu Integrasi dan Aksebilitas, Pengalaman dan Disposisi serta Jaringan Pendukung. Oleh karena itu tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisa variabel yang bepengaruh terhadap resistensi SMKI di instansi pemerintah. Data diperoleh dari 38 pegawai di instansi pemerintah menggunakan teknik simple random sampling sebagai teknik samplingnya. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan Integrated Resistance Factor Model (IRFM). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Jaringan Pendukung berpengaruh signifikan terhadap resistensi implementasi SMKI dengan nilai t hitung sebesar 2,147 dan t Tabel senilai 2,03224 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan variabel Pengalaman & Disposisi dan variabel Integrasi & Aksebilitas tidak berpengaruh terhadap resistensi implementasi SMKI, karena hasil nilai t hitung < t tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Yasintayasintarahayu020@gmail.comH76216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI); IRFM; resistensi; adopsi IT
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:55
Last Modified: 27 Apr 2022 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53122

Actions (login required)

View Item View Item