Perancangan Ekowisata Rumah Jamur di Desa Bareng Bojonegoro dengan pendekatan Community Based Design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhillah, Yucca Nur (2022) Perancangan Ekowisata Rumah Jamur di Desa Bareng Bojonegoro dengan pendekatan Community Based Design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yucca Nur Fadhillah_H73217046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk terciptanya suatu desain Kawasan Ekowisata Rumah Jamur yang bisa mewadahi aktifitas-aktifitas yang telah direncanakan, seperti pembudidayaan, edukasi serta wisata yang tidak merusak lingkungan hutan agar kelestarian hutan tetap terjaga dengan baik. Kawasan ekowisata rumah jamur di desa bareng bojonegoro sangat memiliki kekayaan alam berupa jamur yang sangat melimpah. Dalam menyikapi permasalahan tersebut dibutuhkan suatu metode untuk menanggulangi study kasus tersebut dengan metodelogi community based desain. Penerapan ini mengakibatkan dampak positif bagi warga sekitar agar dapat membudidayakan jamur dan juga sebagai objek wisata. Berdasarkan hasil penelitian ini berupa sebuah tempat ekowisata dimana didalamnya terdapat sebuah sarana wisata serta sarana edukasi pembelajaran tentang pembudidayaan jamur, khususnya jamur tiram. Dengan adanya ekowisata tersebut dapat menambah pendapat warga sekitar dikarenakan adanya wisatawan yang ingin mengunjungi tempat pembudidaya jamur dan menambah wawasan untuk para siswa tentang jamur. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini, yaitu terkait sumber daya manusia yang masih memiliki pengetahuan terkait pembudidayaan jamut dan belum memaksimalkan terkait jamur tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut seperti dibuat untuk makanan atau cemilan khas daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhillah, Yucca Nuryuccanf13@gmail.comH73217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pariwisata
Keywords: Objek wisata Rumah Jamur; sumber daya manusia; budidaya
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:54
Last Modified: 27 Apr 2022 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53129

Actions (login required)

View Item View Item