Kehidupan sosial ekonomi masyarakat pesisir utara Madura pasca adanya tambak udang di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murad, Fahmi (2022) Kehidupan sosial ekonomi masyarakat pesisir utara Madura pasca adanya tambak udang di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Murad_I73218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji didalam penelitian ini adalah Bagaimana Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Utara Madura Pasca Adanya Tambak Udang di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep, dan bagaimana dampak Tambak Udang Bagi Kehidupan Masyarakat Pesisir Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam kehidupan maasyarakat tersebut. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Observasi, interviu dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data, sedangkan triangulasi dijadikan sebagai teknik mengecekan keabsahan data. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwasannya (1) Adanya Perubahan Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Utara Madura Pasca Adanya Tambak Udang Di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep yakni dalam hal perekonomian masyarakat yang bekerja sebagai profesi petani tambak udang mendapatkan peningkatan pemasukan, dalam aspek pekerjaan sendiri semakin besar peluang lapangan kerja bagi masyarakat Desa Pasongsongan. (2) Dampak yang terjadi setelah dua tahun terakhir adanya Tambak Udang Di Desa Pasongsongan, mampu menekan angka urbanisasi para pemuda Desa Pasongsongan yang dari dulu bekerja sebagai perantauan. Lahan-lahan masyarakat Desa Pasongsongan yang semakin tergerus di sebabkan oleh aktivitas tambak udang yang bisa mencemari lahan dan ekosistem laut Desa Pasongsongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murad, FahmiFahmias016@gmail.comI73218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Ekonomi
Konflik sosial
Masyarakat
Keywords: Ekonomi; masyarakat; konflik Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: fahmi murad
Date Deposited: 06 May 2022 13:25
Last Modified: 06 May 2022 13:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53142

Actions (login required)

View Item View Item