Pengembangan Lembar Kerja peserta didik berbasis Etnomatematika Peternakan Itik Petelur untuk melatih kemampuan penalaran adaptif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofarina, Santi (2021) Pengembangan Lembar Kerja peserta didik berbasis Etnomatematika Peternakan Itik Petelur untuk melatih kemampuan penalaran adaptif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Santi Sofarina_D04217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan penalaran adaptif sangat penting dimiliki oleh peserta didik dalam belajar matematika. Kemampuan penalaran adaptif dapat dilatih melalui pembelajaran berbasis etnomatematika peternakan itik petelur, yakni melatih kemampuan berfikir logis dengan cara menghubungkan antara konsep pembelajaran matematika dengan situasi yang ada di dalam peternakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, kepraktisan serta keefektifan produk RPP dan LKPD yang dikembangkan. Selain itu, peneliti juga mengidentifikasi objek kajian matematika yang terdapat dalam aspek maupun aktifitas beternak itik petelur melalui pendekatan etnografi sebagai bahan pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari fase Define, Design, Develop dan Disseminate. Pengambilan data etnomatematika peternakan dilakukan di peternakan itik petelur daerah Candi, Sidoarjo. Sedangkan uji coba terbatas mengenai produk yang dikembangkan dilakukan dengan delapan siswa SMA kelas XI secara online di luar sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, validasi ahli, serta angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi hasil wawancara dan observasi, menghitung persentase kelayakan RPP dan LKPD serta analisis angket respon peserta didik menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat banyak objek kajian matematika yang terkandung dalam setiap aspek maupun aktivitas beternak itik petelur. 2) Diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru menggunakan aplikasi telegram dalam mengajar online dengan bantuan media PPT serta metode yang digunakan ialah pembelajaran langsung yang berpusat pada guru sebagai sumber informasi utama. Kemudian dilakukan penyusunan perangkat RPP dan LKPD berbasis etnomatematika peternakan itik petelur yang selanjutnya diuji cobakan. Dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan sulitnya perizinan untuk melakukan penelitian di sekolah, sehingga kegiatan uji coba dan penyebarluasan produk dilakukan secara terbatas. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan persentase kelayakan RPP sebesar 86,250% dan persentase kelayakan LKPD sebesar 83,594%. 4) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan perolehan nilai “B” dari semua validator yang artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi. 5) Perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” dengan respon yang diberikan oleh peserta didik sebesar 92,578% yang berarti positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofarina, Santissofarina15@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keywords: LKPD; Etnomatematika Peternakan Itik Petelur; Kemampuan Penalaran Adaptif
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:23
Last Modified: 28 Apr 2022 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53150

Actions (login required)

View Item View Item