Konseling qur'ani untuk menurunkan self doubt pada individu dewasa awal di desa Dermojayan Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Burhani, Iqbal Khoirul (2022) Konseling qur'ani untuk menurunkan self doubt pada individu dewasa awal di desa Dermojayan Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Khoirul Burhani_B73218090.pdf

Download (2MB)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ‎proses dan juga tentunya melihat hasil akhir dari pelaksanaan ‎konseling qurani untuk menurunkan self doubt pada individu ‎dewasa awal di Desa Dermojayan Blitar. Metode yang ‎digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan teknik ‎pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, ‎dan juga dokumentasi, yang didapatkan oleh peneliti dari ‎konseli, dan juga beberapa significan others yang nantinya ‎semua data tersebut akan digunakan dalam proses terapi ‎konseling qurani untuk menurunkan self doubt. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling ‎qurani untuk menurunkan self doubt pada individu dewasa ‎awal di Desa Dermojayan Blitar telah melalui lima tahap dalam ‎proses terapinya, diantaranya identifikasi masalah, diagnosis, ‎prognosis, terapi atau treatment, dan juga evaluasi dan follow ‎up. Selain itu konselor juga memasukkan unsur-unsur keislaman ‎yang berupa motivasi untuk konseli agar selalu yakin akan ‎dirinya sendiri dan tidak ragu akan dirinya sendiri, karena ‎Allah sudah memberikan rezeki dan juga kekuatan yang luar ‎biasa kepada setiap hamba-Nya tanpa ada yang tertukar. Hasil ‎akhir dari proses pelaksaan konseling ini menunjukkan bahwa ‎self doubt dalam diri konseli sudah mulai menurun dan konseli ‎perlahan sudah mulai yakin akan dirinya sendiri dan juga mulai ‎bisa memutuskan dengan yakin setiap keputusan yang akan ‎diambilnya. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara ‎dengan konseli dan juga siginifican others pasca terapi ‎diberikan. ‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Burhani, Iqbal Khoiruliqbalkhoirulburhani@gmail.comB73218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinasignal2mandiri@gmail.com2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: konseling qurani; self doubt; individu dewasa awal‎
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Iqbal Khoirul Burhani
Date Deposited: 09 May 2022 13:14
Last Modified: 09 May 2022 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53180

Actions (login required)

View Item View Item