Hubungan kepribadian ekstrovert, religiusitas, dan dukungan sosial dengan subjective well being pada mahasiswa tingkat akhir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimatuzzahroh, Siti (2021) Hubungan kepribadian ekstrovert, religiusitas, dan dukungan sosial dengan subjective well being pada mahasiswa tingkat akhir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatimatuzzahroh_J01217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian ekstrovert, religiusitas, dan dukungan sosial dengan subjective well being pada mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan subjek berjumlah 200 mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang sedang menyelesaikan skripsi yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala subjective well being, skala kepribadian ekstrovert, skala religiusitas, dan skala dukungan sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan yang positif antara kepribadian ekstrovert dengan subjective well being ( p = 0,000 dan r = 0,237), juga ada hubungan signifikan positif antara religiusitas dengan subjective well being ( p = 0,008 dan r = 0,328), dan ada hubungan signifikan yang positif antara dukungan sosial dengan subjective well being pada mahasiswa tingkat akhir ( p = 0,000 dan r = 0,308). Kemudian variabel subjective well being dipengaruhi variabel kepribadian ekstrovert, religiusitas, dan dukungan sosial secara simultan sebanyak 16,7%, dan selebihnya yaitu 83,3% dipengaruhi variabel lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimatuzzahroh, Sitisitifatimatuzzahroh1501@gmail.comJ01217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatinsunanampel@gmail.com2012067403
Subjects: Kepribadian
Keywords: Kepribadian ekstrovert; religiusitas; dukungan sosial; subjective well being
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 May 2022 17:02
Last Modified: 09 May 2022 17:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53191

Actions (login required)

View Item View Item