Konseling Islam dengan teknik Shaping dalam menumbuhkan religiusitas seorang remaja yang terlibat pergaulan bebas di Brudu Sumobito Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Siti (2021) Konseling Islam dengan teknik Shaping dalam menumbuhkan religiusitas seorang remaja yang terlibat pergaulan bebas di Brudu Sumobito Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hajar_B03217039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini yakni bagaimana penerapan dan bagaimana Konseling Dengan Teknik Shaping Dalam Membantu Menumbuhkan Religiusitas Pada Remaja Yang Terlibat Pergaulan Bebas Di Brudu Sumobito Jombang. Untuk menjawab permasalahan diatas peneliti menggunakan penelitian kulitatif studi kasus dengan analisis menggunakan analisis studi deskriptif komparatif, yaitu membandingkan antara teori dengan kondisi konseli sebelum dan sesudah proses Konseling Islam. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa proses konseling islam dengan teknik shaping menggunakan langkah identifkasi masalah, diagnosa, prognosa, terapi dan evaluasi. Proses terap menggunakan Teknik shaping yaitu dengan memberikan program terjadwal seperti mendengarkan kajian, membantu ibu, mengerjakan sholat serta mengaji. Hasil akhir dari penelitian yang dilakukan dapat dikatakan cukup berhasil, hal ini ditandai dengan perubahan-perubahan rutinitas harian konseli yang sudah jauh berbeda dengan rutinitasnya dahulu, dimana konseli tidak lagi menghabiskan waktu untuk hal-hal yang negatif, berteman dengan orang yang memberikan dampak positif, sering membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah serta melaksanakan sholat lima waktu dan mengaji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, Sitisitih230@gmail.comB03217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwan.alwiyah@yahoo.co.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; teknik Shaping; geligiusitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 May 2022 17:55
Last Modified: 09 May 2022 17:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53194

Actions (login required)

View Item View Item