Efektivitas penerapan model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Qory, Saidana Saniyyah (2022) Efektivitas penerapan model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saidana Saniyyah El Qory_D01218045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MIPA dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. 3) Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MIPA pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain One Gruop Pretest-Posttest guna mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran flipped classroom. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster sampling dengan cara pengambilan berdasarkan perundian dari suatu populasi. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung melalui analisis deskriptif dan parametrik. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam mata pelajaran PAI kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Krembung dapat terlaksana secara baik. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo mengalami peningkatan dari sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran flipped classroom dengan perolehan nilai rata-rata (mean) 55,86 menjadi 85,52. 3) Penerapan model pembelajaran flipped classroom memiliki efektivitas terhadap peningatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII MIPA pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan (kurang dari) < 0,05 dari taraf signifikansi dalam Uji Paired Sample T-Test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Qory, Saidana Saniyyahsaidanasaniyyah@gmail.comD01218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: model pembelajaran Flipped Classroom; kemampuan berpikir kritis siswa; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saidana Saniyyah El Qory
Date Deposited: 11 May 2022 14:12
Last Modified: 11 May 2022 14:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53203

Actions (login required)

View Item View Item