Penerapan e-learning berbasis whatsapp dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas II MI AL-FALAHIYAH Pegundan Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihayah, Wildatun (2022) Penerapan e-learning berbasis whatsapp dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas II MI AL-FALAHIYAH Pegundan Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildatun Nihayah_D97216091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan dari peraturan yang berlaku di Indonesia karena adanya wabah Covid-19, dan tujuan dari penelitian ini sendiri, yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan e learning berbasis WhatsApp dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru ketika melakukan penerapan e leraning berbais WhatsApp (pembelajaran jarak jauh). (3) Untuk mengetahui solusi guna mengurangi terjadinya kendala yang ada, pada saat penerapan e learning berbasis WhatsApp berlangsung di MI Al-Falahiyah, Pegundan Bungah Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakuan observasi kelapangan, serta hasil wawancara terhadap guru dan siswa. Dengan kata lain dengan prinsip penelitian lapangan ini penulis lakukan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang ada dalam Penerapan E-Learning Berbasis WhatsApp Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas II MI Al-Falahiyah Pegundan Bungah Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-learning berbasis WhatsApp di MI Al-Falahiyah Pegundan Bungah Gresik terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan guru membuat group whatsapp dan dikuatkan dengan RPP untuk menunjang terlaksananya pembelajaran, dalam hal ini diperkuat dari hasil lapangan dengan adanya penerapan e-learning yang lebih efektif berkat hubungan guru dan murid atas kendala yang dihadapi, salah satu kendala guru saat menerapkan e-learning yaitu peserta didik tidak mempunyai handphone sendiri, karena sewajarnya siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih butuh pendampingan orang tua untuk menggunakan hanphone, dengan adanya hal itu guru berinisiatif untuk mengantisipasi terjadinya kendala tersebut dengan memberikan tugas kepada peserta didik dengan tempo pengumpulan yang panjang hingga ada pendampingan dari orang tua. Maka dari beberapa kendala tersebut, guru di MI Al-Falahiyah Pegundan Bungah Gresik terus berkomitmen dan melakukan evaluasi guna memaksimalkan penerapan e-learning berbasis WhatsApp yang lebih baik dan menjadi percontohan instansi lain dimasa pandemi Covid 19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihayah, Wildatunnihayahwildatun@gmail.comD97216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisormunawir, munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisormusthofa, m. bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Hadis
Keywords: Penerapan; e-learning berbasis whatsapp; pembelajaran al-Qur’an Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wildatun Nihayah
Date Deposited: 11 May 2022 04:29
Last Modified: 11 May 2022 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53207

Actions (login required)

View Item View Item