Implementasi APBDes Dalam Prinsip Good Governance: studi Kasus Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Nur Izza (2022) Implementasi APBDes Dalam Prinsip Good Governance: studi Kasus Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izza Wulandari_I71217039.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi perencanaan dan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Berawal dari kondisi pandemi virus covid 19 yang terjadi di Indonesia, sehingga menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian dalam ruang lingkup implementasi dana anggaran desa, dengan menggunakan teori Good Governance sebagai landasan teori yang mengacu pada 4 poin utama sebagai ciri-ciri pemerintahan yang baik, yaitu 1) Adanya Partisipasi, 2) Transparansi, 3) Keterbukaan Informasi, 4) dan Akuntabilitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana realisasi prinsip Good Governance pada implementasi penyaluran APBDes?, 2) Bagaimana Partisipasi, Transparansi dan Akuntabilitas dalam implementasi APBDes?, 3) Bagaimana sinergi pemerintah, masyarakat dan swasta dalam mewujudkan Good Governance? Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode pengujian kredibility (kepercayaan), tranferability (keterahlian), dependability (kebergantungan), dan konfirmability (kepastian). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance dalam implementasi APBDes di Desa Kedungrejo telah dialkukan dengan cukup baik oleh pemerintah desa, dengan upaya menarik partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa, pelaksanaan transparansi, keterbukaan informasi dan akuntabilitas terkait anggaran dana desa maupun kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa melalui penyampaian secara langsung atau pemaparan pada situs web Pemerintah Desa Kedungrejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Nur Izzanurizza.wulandari@gmail.comI71217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Politik
Pemerintahan Legislatif
Keywords: Good Governance; APBDes; implementasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Izza Wulandari
Date Deposited: 11 May 2022 03:17
Last Modified: 11 May 2022 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53208

Actions (login required)

View Item View Item