Analisis kemampuan pemecahan masalah Matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) siswa Kelas IV MI Nurul Huda Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Vivi Noer (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah Matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) siswa Kelas IV MI Nurul Huda Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Noer Aini_D97217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, perhitungan yang salah, dan rencana penyelesaian yang kurang tepat. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat prestasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV Dahlia dan siswa kelas IV Dahlia. Adapun tahapan penyajian data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Guru telah melaksanakan pembelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan baik. Siswa juga telah mengikuti dan melaksanakan pembelajaran dengan penerapan model PBL dengan baik. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong baik dengan terpenuhinya empat tahapan kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Vivi Noernoerainivivi@gmail.comD97217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; model PBL
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 03:11
Last Modified: 11 May 2022 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53210

Actions (login required)

View Item View Item