Hubungan kematangan emosi, kecenderungan Attention-Seeking dan Classroom Climate dengan Classroom Incivility pada siswa SMP Negeri 2 Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apsari, Widya (2021) Hubungan kematangan emosi, kecenderungan Attention-Seeking dan Classroom Climate dengan Classroom Incivility pada siswa SMP Negeri 2 Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Apsari_J01217049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi, kecenderungan attention-seeking dan classroom climate dengan classroom incivility pada siswa SMP Negeri 2 Krian. Pada penelitian kuantitatif korelasional ini digunakan empat alat ukur untuk mengumpulkan data yaitu skala classroom incivility, skala kematangan emosi, skala BHPS (Brief Histrionic Personality Scale) dan skala classroom climate. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Krian. Subjek berjumlah 290 siswa dari total populasi sebanyak 1055 siswa ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara negatif antara kematangan emosi dengan classroom incivility (p = 0.000 dan t = -4.513). Kemudian pada attention-seeking dengan classroom incivility memiliki hubungan yang signifikan secara positif (p = 0.000 dan t = 7.555). Lalu pada classroom climate dengan classroom incivility memiliki hubungan yang signifikan secara negatif (p = 0.000 dan t = -7.838). Secara keseluruhan atau bersama-sama kematangan emosi, kecenderungan attentionseeking dan classroom climate dengan classroom incivility berhubungan secara signifikan (p = 0.000 dan F = 82.346). Terakhir variabel classroom incivility dipengaruhi/dijelaskan oleh variabel kematangan emosi, kecenderungan attentionseeking dan classroom climate sebesar 46.3% serta sisanya sebesar 53.7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apsari, Widyawidyaapsari70@gmail.comJ01217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmasoobihah@gmail.com2012037402
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: Kematangan emosi; Attention-Seeking; iklim kelas; Classroom incivility
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 03:25
Last Modified: 11 May 2022 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53211

Actions (login required)

View Item View Item