Simbol pesan nilai budaya dalam lirik lagu Didi Kempot

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayaturrofiah, Umi (2022) Simbol pesan nilai budaya dalam lirik lagu Didi Kempot. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Hidayaturrofiah_B75218088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lagu sebagai media komunikasi atau media penyampai pesan. Pesan nilai budaya dalam lirik lagu disampaikan dengan simbol-simbol yang dikemas secara menarik dan mengandung makna yang tersirat didalamnya. Dalam penelitian ini, persoalan yang hendak dikaji yaitu bagaimana penanda (signifier) dan petanda (signified) pesan nilai budaya disampaikan dalam lirik lagu Didi Kempot? Bagaimana makna simbol pesan nilai budaya yang disampaikan melalui lirik lagu Didi kempot?. Untuk mengkaji fokus penelitian, peneliti menggunakan paradigma kritis dengan analisis semiotika model Roland Barthes yang menelaah makna konotatif dan denotatif. Hasil penelitian ini menjelasankan bahwasanya 5 lirik lagu Didi Kempot ini mengandung simbol penanda dan petanda pesan nilai budaya, simbol penanda berupa sikap rela, kasih sayang, kerja keras dan mengingat adanya Tuhan sedangkan petanda berupa nilai kesabaran, nilai keselarsan, nilai pencapaian harapan dan nilai keyakinan. Sedangkan makna setiap simbol pesan nilai budaya adalah sikap rela bermakna sikap seseorang yang bisa menerima apa yang ada; sikap kasih sayang bermakna seseorang yang menganggap sesuatu itu berharga; sikap kerja keras bermakna seseorang yang pantang menyerah dan bertanggung jawab akan suatu hal; mengingat adanya Tuhan bermakna seseorang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayaturrofiah, Umiumihidayat07@gmail.comB75218088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Semiotik; lirik lagu; nilai budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 03:36
Last Modified: 11 May 2022 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53212

Actions (login required)

View Item View Item