Metode penentuan awal bulan Kamariah dalam kitab Sullam Al Qadiriyyah karya Ali Mustofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Yanie (2021) Metode penentuan awal bulan Kamariah dalam kitab Sullam Al Qadiriyyah karya Ali Mustofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanie Mahmudah_C97217023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Sullam Al-Qadiriyyah karya Ali Mustofa. Data sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan penelitian lain yang membahas masalah tentang penentuan awal bulan Kamariah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi) yaitu untuk menggambarkan bagaimana langkah-langkah perhitungan dalam kitab Sullam Al-Qadiriyyah. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa metode hisab yang digunakan Ali Mustofa dalam penentuan awal bulan Kamariah kitab Sullam Al-Qadiriyyah menggunakan hisab haqiqi bi at-taqrib, hal tersebut dapat dilihat dari data yang diambil dari tabel-tabel yang telah ada yaitu tabel al-alamah, al-hissoh, alkhossoh, al-markaz, dan al-auj. Data tabel pertama tersebut berasal dari tabel Ulugh Beyk. Selain itu, perhitungan dalam kitab ini juga hanya sampai pada 5 kali ta’dil (koreksi), sehingga memerlukan koreksi ulang kembali agar perhitungan lebih akurat. Oleh karena itu agar mempunyai tingkat keakurasian yang tinggi dan agar dapat disetarakan dengan kitab-kitab kontemporer maka harus dilakukan pertimbangan kembali dengan menambahkan data Matahari dan Bulan seperti arah Matahari, posisi Bulan, azimut Matahari dan Bulan. Selain itu, Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern ini, kedepannya akan lebih banyak lagi yang meneliti kitab-kitab para ahli falak yang belum terlalu dikenal. Tujuannya adalah supaya kita sadar dan tergugah untuk mampu mengembangkan ilmu falak jauh daripada yang leluhur kita kembangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Yanieyaniemahmudah1103@gmail.comC97217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Moh. Imronkaji_imron@yahoo.com2015047702
Subjects: Astronomi
Keywords: Bulan qamariah; awal bulan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 04:59
Last Modified: 11 May 2022 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53214

Actions (login required)

View Item View Item