Analisis Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran Matematika di Co-Educational School dan Single Sex School

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Yeni Afniyatul (2021) Analisis Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran Matematika di Co-Educational School dan Single Sex School. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeni Afniyatul Fuad_D04215023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Self-efficacy pada siswa sangat berperan penting dalam pembelajaran. Self-efficacy merupakan tingkat kepercayaan seseorang mengenai kemampuan dirinya sendiri dalam melaksanakan tugas atau mengatasi situasi untuk mencapai tujuan tertentu. Self-efficacy siswa dapat di pengaruhi oleh faktor lingkungan seperti perbedaan sistem pembelajaran sekolah yakni co-educational school dan single sex school. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di co-educational school, 2) Untuk mendeskripsikan selfefficacy siswa dalam pembelajaran matematika di single sex school. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa yang diambil dari siswa kelas X MA YKUI Maskumambang dan X SMAM 5 Dukun pada semester Gasal tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 siswa co-educational school, 6 siswa single sex school perempuan serta 6 siswa single sex school laki-laki. Pengumpulan data dengan observasi. Data hasil observasi berupa lembar hasil pengamatan oleh tiga observer selama proses pembelajaran berlangsung dianalisis sesuai dengan indikator dari self-efficacy yang mengacu pada dimensi strength. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-efficacy siswa pada co-educational school termasuk dalam kategori baik karena siswa mampu memenuhi sebagian besar dari keseluruhan aspek self-efficacy dalam pembelajaran matematika. Sedangkan pada single sex school termasuk dalam kategori cukup baik karena siswa mampu memenuhi sebagian kecil dari keseluruhan aspek self-efficacy dalam pembelajaran matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Yeni Afniyatulyeniafniyatulfuad@gmail.comD04215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Self-efficacy; pembelajaran matematika; co-educational school; single sex school
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 05:29
Last Modified: 11 May 2022 05:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53216

Actions (login required)

View Item View Item