Strategi digital marketing politik tim sukses Eri Cahyadi dan Armudji dalam Pemilihan Wali Kota Surabaya Tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmanda, Muhammad Rizky (2022) Strategi digital marketing politik tim sukses Eri Cahyadi dan Armudji dalam Pemilihan Wali Kota Surabaya Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Rahmanda_I01218024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama penelitian ini mengkaji tentang strategi digital marketing politik yang dijalankan oleh Tim Sukses pasangan Eri Cahyadi dan Armudji dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Tahun 2020. Kedua apa saja kegiatan kampanye strategi digital marketing politik Tim Sukses Eri Cahyadi dan Armudji serta ketiga yaitu dampak kegiatan Digital Marketing Politik Tim Sukses terhadap perolehan suara atas kemenangan Eri Cahyadi dan Armudji. Penelitian ini dilatarbelakangi pada tahun 2020 pilkada Surabaya berbeda dengan Pilkada sebelumnya yang dimana Pilkada tahun 2020 di Indonesia adanya pandemi covid-19 yang diharuskan untuk masyarakat Indonesia Khususnya di Surabaya tetap dirumah saja, tidak boleh berkerumun, dan bisa membatasi mobilitas sehingga menyebabkan kampanye pasangan Eri Cahyadi dan Armudji melakukan strategi kampanye melalui digitalisasi yaitu media sosial. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi literatur serta teknik analisis data dilakukan dengan cara menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Teori yang digunakan yaitu menggunakan teori digital marketing menurut Adman Nursal. Strategi digital marketing politik yang digunakan oleh Tim Sukses pasangan Eri Cahyadi dan Armudji yaitu menggunakan banyak platform diantaranya Instagram, Facebook, YouTube, WhatsApp Blast, Podcast, Bilik Aduan Online, TikTok, dan Twitter. Melalui platform tersebut kegiatan kampanye digital yaitu dengan melakukan promosi visi misi serta program kerja pasangan tersebut, kampanye sosial, dan menawarkan program kerja untuk meneruskan kebaikan Bu Risma. Kegiatan kampanye politik Eri Cahyadi dan Armudji yaitu melakukan kampanye door to door, kampanye sosial / kampanye akbar, dan kampanye menggunakan media sosial. Melalui platform media sosial tersebut dampak yang dihasilkan oleh Tim Sukses pasangan Eri Cahyadi dan Armudji yaitu berhasil dan perolehan suara yang didapatkan sebesar 50% yang dihasilkan melalui media sosial, sehingga pasangan tersebut dapat memenangkan pilkada Surabaya tahun 2020.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmanda, Muhammad Rizkyrizkyrahmanda09@gmail.comI01218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037801
Subjects: Politik
Pemasaran
Keywords: strategi; digital marketing; pilkada
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Rizky Rahmanda
Date Deposited: 12 May 2022 01:01
Last Modified: 12 May 2022 01:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53217

Actions (login required)

View Item View Item