Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE) di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Zarkasyih (2022) Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE) di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zarkasyih Fitriani_D93217120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE) di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Penelitan ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang strategi kepala madrasah di MA bilingual Junwangi Krian Sidoarjo, program sanggar tahfidz entrepreneur (STE) di MA bilingual Junwangi Krian Sidoarjo, strategi kepala madrasah dalam mengembangkan program sanggar tahfidz entrepreneur (STE) di MA bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini antara lain kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, koordinator STE, tenaga pengajar STE, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dan Interpretasi data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman serta uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi kepala madrasah di MA bilingual Junwangi Krian Sidoarjo dilakukan dengan cara mengkomunikasikan visi secara utuh, memberdayakan staff, mengembangkan peserta didik, melibatkan orangtua dan masyarakat, memberi penghargaan dan insentif, mengembangkan kurikulum dan pembelajaran, manajemen keuangan dan pembiayaan, mendayagunakan sarana prasarana. (2) Program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE) di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo yakni program yang memadukan antara pembelajaran tahfidz dan entrepreneur sehingga menciptakan siswa yang hafidz dan berbekal kewirausaan. (3) Strategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE) di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo pada pelaksanaanya strategi yang dilakukan diantaranya yaitu menjaring calon siswa dengan melakukan seleksi, menciptakan dan menumbuhkan suasana pembelajaran yang kreatif, inovatif dan fun, memberikan guru pendamping untuk memudahkan pemantauan perkembangan siswa, membekali peserta didik dengan life skill, general life skill, maupun spesific life skill, meningkatkan sarana dan prasarana, melakukan kerjasama atau study banding dengan lembaga pendidikan yang lebih tinggi, berkoordinasi dengan waka-waka yang bersangkutan, workshop guru dan santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Zarkasyihzarkasyih.roses@gmail.comD93217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Strategi kepala madrasah; program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 07:31
Last Modified: 11 May 2022 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53219

Actions (login required)

View Item View Item