Analisis framing berita LGBT pada media online Republika.co dan Hidayatullah.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashuri, Akbar Trio (2022) Analisis framing berita LGBT pada media online Republika.co dan Hidayatullah.com. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Akbar Trio Mashuri_B91218095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam Skripsi ini adalah: Bagaimana framing berita LGBT dalam Republika.co dan Hidayatullah.com? Bagaimana media Republika.co dan Hidyatullah sebagai media dakwah? Untuk megidentifikasi permasalahan secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh dari lapangan dari berita media online dan dianalisis menggunakan analisis framing Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil Penelitian ini ditemukan dalam berita LGBT dengan menggunakan empat konsep analisis framing Zhondang Pan dan Gerald M. kosicki, yakni sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Media online Republika.co dan Hidayatullah sebagai media dakwah penyampai pesan nilai Islam. Kesimpulan penelitian ini dalam framing berita LGBT Republika.co dan Hidayatullah.com sebagai berikut: 1) Media Republika.co dan Hidayatullah.com memandang LGBT sebagai masalah moral, sosial, agama, dan hukum. 2) Kedua media online Islam Republika dan Hidayatullah memberitakan cenderung kontra terhadap LGBT. 3) Republika.co memiliki ideologi Islam garis Lurus (Islam Nasionalis), sedangkan Hidayatullah memiliki ideologi Islam garis keras. Rekomendasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya mengenai karya tulis yang lain, seperti sastra, artikel, dan khazanah keislaman sebagai penyampai pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashuri, Akbar Trioakbartrio28@gmail.comB91218095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Adab
Internet
Keywords: Analisis framing; media online Republika.co; Hidayatullah.com; Berita LGBT
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akbar Trio Mashuri
Date Deposited: 12 May 2022 13:44
Last Modified: 12 May 2022 13:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53230

Actions (login required)

View Item View Item