Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard: aktivitas ngopi sebagai gaya hidup masyarakat konsumsi Coffee Shop Sidoarjo dalam tinjauan pertukaran simbolik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Khoirotul (2022) Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard: aktivitas ngopi sebagai gaya hidup masyarakat konsumsi Coffee Shop Sidoarjo dalam tinjauan pertukaran simbolik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotul Faridah_I03218011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan era modern membawa perubahan yang besar kepada masyarakat. Salah satunya adalah kecenderungan masyarakat yang semakin gemar menghabiskan waktu dan berperilaku konsumtif. Konsumerisme mengubah pola pikir dan pola perilaku masyarakat sebagai gaya hidupnya. Salah satu penyebab banyaknya kedai kopi di Sidoarjo adalah pola konsumsi terhadap kopi yang terhitung tinggi. Akibatnya keberadaan Coffee Shop dapat ditemukan sampai di daerah pinggiran kota yang di kemas secara berbeda-beda seperti adanya iringan musik, desain tempat atau tema unik, harga terjangkau dan variasi menu dari yang tradisional hingga modern menjadi daya tarik tersendiri. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa gaya hidup masyarakat Sidoarjo terbentuk dari adanya proses interaksi sosial antar individu dan lingkungan. Gaya hidup yang mencerminkan pola hidup seseorang dapat diketahui dalam tiga hal yaitu kegiatan (activity), minat (interest) dan pendapat (opinion). Dari tiga hal tersebut setiap individu di dunia memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda dalam mengendalikan kehidupannya. Masyarakat dengan praktik konsumsi ialah kunci dasar dari gagasan Baudrillard untuk menunjukkan gejala konsumerisme yang sangat luar biasa. Serta memiliki makna dan nilai simbolik yang dipertukarkan dalam aktivitas ngopi yakni masyarakat mendapatkan keuntungan berupa kenyamanan dari suasana dan fasilitas yang disediakan Coffee Shop. Sehingga tidak menutup kemungkinan apabila Coffee Shop Sidoarjo dapat memberikan pengaruh yang positif dan negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Khoirotulkhoirotul2@gmail.comI03218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Masyarakat
Remaja, Gaya hidup
Keywords: aktivitas ngopi; gaya hidup; masyarakat konsumsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khoirotul Faridah
Date Deposited: 13 May 2022 13:41
Last Modified: 13 May 2022 13:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53232

Actions (login required)

View Item View Item