Manajemen bursa kerja khusus dalam menyalurkan lulusan ke dunia usaha dan industri di SMK Negeri 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabillah, Salma (2022) Manajemen bursa kerja khusus dalam menyalurkan lulusan ke dunia usaha dan industri di SMK Negeri 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Nabillah_D93217074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen Bursa Kerja Khusus dalam menyalurkan lulusan ke dunia usaha dan industri di SMK Negeri 2 Surabaya, mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat Bursa Kerja Khusus dalam menyalurkan lulusan ke dunia usaha dan industri di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode mengumpulkan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya. Informan penelitian ini yaitu Kepala SMK Negeri 2 Surabaya, Ketua Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 2 Surabaya dan pegawai Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen Bursa Kerja Khusus dalam menyalurkan lulusan ke dunia usaha dan industri di SMK Negeri 2 Surabaya berjalan dengan cukup baik sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan Republik Indonesia, hal ini dibuktikan dengan beberapa program dan kegiatan yang berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang diinginkan serta selalu adanya tindak lanjut dari program dan kegiatan yang dilakukan. (2) Keberhasilan Bursa Kerja Khusus dalam menyalurkan lulusan ke dunia usaha dan industri dapat dilihat melalui keterserapan lulusan tahun ajaran 2020/2021 yang mencapai 60,2% telah bekerja, perolehan juara 1 pada lomba kinerja Bursa Kerja Khusus se-Jawa Timur pada tahun 2021 dan Bursa Kerja Khusus telah menjalin kerjasama dengan 226 mitra kerja dari dunia usaha maupun dari dunia industri. (3) Factor pendukung Bursa Kerja Khusus dalam menyalurkan lulusannya yaitu support atau dukungan dari seluruh warga sekolah serta perkembangan teknologi yang memudahkan Bursa Kerja Khusus. Adapun factor penghambat Bursa Kerja Khusus yaitu yang pertama terkait dengan lulusan ialah pergantian nomor handphone, kurangnya inisiatif dan antusias terkait dengan lowongan pekerjaan, kurangnya kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja, kendala perizinan orang tua, kurangnya rasa tanggungjawab lulusan, serta yang kedua terkait dengan pengurus Bursa Kerja Khusus yaitu double job yang dimiliki oleh seluruh pengurus BKK, kurangnya komunikasi dan juga kendala perizinan dari pihak dinas maupun sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabillah, Salmasalmanabillah86@gmail.comD93217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen
Keywords: Manajemen; bursa kerja khusus; dunia usaha dan industri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salma Nabillah
Date Deposited: 14 May 2022 13:28
Last Modified: 14 May 2022 13:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53233

Actions (login required)

View Item View Item