Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure dan Profitability Terhadap Tax Avoidance Di Jakarta Islamic Index (JII) Pada Tahun 2017-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novetalia, Hera Rusyda (2022) Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure dan Profitability Terhadap Tax Avoidance Di Jakarta Islamic Index (JII) Pada Tahun 2017-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hera Rusyda Novetalia_G72217062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji keberadaan Corporae Social Responsibility Disclosure (CSRD) dan profitability baik secara parsial maupun simultan atau bersamaan terhadap tax avoidance. Penelitian ini menggunakan perusahaan Jakarta Islamic Index (JII) sebagai objek penelitian selama 4 tahun pengamatan, dimulai dari tahun 2017 – 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif eksplanasi dengan memakai data sekunder berupa annual report perusahaan JII yang disajikan pada web Bursa Efek Indonesia. Dengan menggunakan metode purposive sampling, penelitian ini memiliki jumlah sampel keseluruhan sebanyak 136 sampel dengan 34 perusahaan tiap tahunnya. Dalam menguji hipotesis penelitian digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program alat bantu STATA versi 16 dalam mengelola datanya.Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika variabel Corporae Social Responsibility Disclosure (CSRD) memiliki hubungan negatif tidak signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan profitability berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance. Selain itu seluruh variabel Corporae Social Responsibility Disclosure (CSRD) dan profitability berpengaruh secara simultan terhadap tax voidance.Keberadaan penelitian ini memberikan saran kepada penelitian selanjutnya untuk menggunakan variabel penelitian lain, menggunakan indeks lain sebagai objek penelitian serta menggunakan proksi lainnya dalam menghitung profitabilitas dan CSRD jika variabel tersebut kembali digunakan. Bagi perusahaan diharapkan mampu mempertumbangkan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam indikasi praktik tax avoidance agar perusahaan tetap mempertahankan nama baiknya sehingga tetap menarik minat investor dalam menanamkan modalnya. Dan bagi investor maupun kreditur agar semakin bijak dalam mempertimbangkan setiap keputusan sebelum menanamkan modalnya agar terhindar dari perusahaan – perusahaan yang telah terindikasi telah melakukan praktik tax avoidance.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novetalia, Hera RusydaSydarusyda16@gmail.comG72217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Keywords: Corporae Social Responsibility Disclosure; Profitability; Tax Avoidance dan Jakarta Islamic Index
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: hera rusyda novetalia
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:40
Last Modified: 21 Oct 2022 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53240

Actions (login required)

View Item View Item