Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur selama pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafitri, Almas Febriana (2022) Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur selama pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Almas Febriana Syafitri_G72218027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara parsial dan simultan variabel ukuran perusahaan (size), profitabilitas (return on asset), dan leverage (debt to equity ratio) terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data penelitian merupakan data sekunder, yaitu laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diterbitkan di bursa efek Indonesia (BEI) maupun di website resmi perusahaan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti sehingga diperoleh sampel sejumlah 115 dari 192 perusahaan manufaktur pada periode pengamatan 2020. Dalam menguji hipotesis penelitian, peneliti menggunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dalam mengolah data. Hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR perusahaan, sedangkan variabel profitabilitas (return on asset), dan leverage (debt to equity ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Sehingga pengaruh simultan dari variabel ukuran perusahaan (size), profitabilitas (return on asset), dan leverage (debt to equity ratio) berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Peneliti memberikan saran kepada penelitian di masa yang akan datang untuk menambahkan variabel independen yang terkait dengan pengungkapan CSR perusahaan, meningkatkan jumlah sampel untuk memprediksi variabel yang dapat mempengaruhi pengungkapan CSR, menggunakan periode pengamatan yang lebih lama sehingga akan memberi peluang yang besar dalam mendapatkan kondisi yang terjadi. Bagi pemerintah harus lebih terlibat dalam pengawasan CSR perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar praktik serta pengungkapan CSR di Indonesia meningkat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafitri, Almas Febrianaalmasfebriana@gmail.comG72218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Ekonomi
Keywords: corporate social responsibility (CSR)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Almas Febriana Syafitri
Date Deposited: 17 May 2022 03:59
Last Modified: 17 May 2022 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53270

Actions (login required)

View Item View Item