Sinergi kepala sekolah dan komite sekolah dalam pengembangan budaya religius di Mts. Hasanudin Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majidah, Nurul Wahidatul (2022) Sinergi kepala sekolah dan komite sekolah dalam pengembangan budaya religius di Mts. Hasanudin Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Wahidah Majidah_D03217030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergi kepala sekolah dan komite sekolah dalam pengembangan budaya religius; mendeskripsikan pengembangan budaya religius; dan mengungkapkan faktor pendukung pengembangan budaya religius di MTs. Hasanudin Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan pokok. Pertama, kepala sekolah dan komite sekolah bersinergi dalam mengembangkan budaya religious di MTs. Hasanudin Kabupaten Mojokerto melalui empat strategi: komunikasi yang efektif, umpan balik yang cepat, kepercayaan dan kreatifitas. Kedua, pengembangan budaya religius melalui tiga strategi yaitu power strategi, normative strategi dan normative re-educative strategi. Ketiga, pendukung pengembangan budaya religius di MTs. Hasanudin Kabupaten Mojokerto antara lain dukungan dari pemimpin, guru, dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majidah, Nurul Wahidatulqmr.majidah25@gmail.comD03217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa’i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Budaya - Agama
Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Kepala sekolah; komite sekolah; pengembangan budaya religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NURUL MAJIDAH
Date Deposited: 17 May 2022 03:29
Last Modified: 17 May 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53288

Actions (login required)

View Item View Item