Efektivitas penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam meningkatkan hasil belajar matematis serta self-confidence peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annafi, Fitri Nur (2022) Efektivitas penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam meningkatkan hasil belajar matematis serta self-confidence peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Nur Annafi_D74217082.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan oleh guru agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Model Pembelajaran ARIAS memiliki beberapa tahapan yang dapat meningkatkan hasil belajar serta self-confidence peserta didik. Model pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari tes pre-test ke post-test yang dlihat dari nilai uji paired dan tingkat kepercayaan diri (self confidence) peserta didik mengalami peningkatan persentase nya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Bojonegoro kelas XI IPA, sampel yang diambil secara acak sebanyak 95 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain Pretes dan Postes Satu Kelompok (One-Group Pretest-Postest). Desain ini tergolong dalam desain pre-eksperimen. Konsep dari desain ini adalah dengan memberikan pretes untuk mengetahui keadaan awal peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan postes diberikan setelah diberikan perlakuan. Sehingga peneliti dapat membandingkan hasil dari keduanya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar matematis nya serta instrumen angket untuk mengukur tingkat kepercayaan diri (self confidence) peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta self-confidence peserta didik. Dapat ditunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar pre-test dan rata-rata nilai hasil belajar post-test, yaitu dari 22,3158 (rata-rata nilai pre-test) menjadi 47,7053 (rata-rata nilai post-test) setelah diberikan perlakuan model pembelajaran ARIAS. Dalam model pembelajaran ARIAS terdapat tahapan yaitu assurance (percaya diri), pada tahapan ini lebih terfokus dalam menanamkan kepercayaan diri peserta didik di dalam kelas, karena terdapat tahapan itu tingkat kepercayaan diri peserta didik dapat meningkat. Serta dapat dilihat dari persentase hasil angket pre-test dan post-test mengalami peningkatan pada setiap indikator yaitu dari rata-rata persentase sebesar 59,25% menjadi 76,75%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Self-confidence, Pembelajaran ARIAS, Efektivitas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annafi, Fitri Nurfitriannafi13@gmail.comD74217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran Matematika; pembelajaran ARIAS; hasil belajar; self-confidence; efektivitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Nur Annafi
Date Deposited: 17 May 2022 04:44
Last Modified: 17 May 2022 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53290

Actions (login required)

View Item View Item