Pengaruh penerapan pembelajaran Matematika menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dilihat dari Gaya Belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiana, Alyf Oktavia (2022) Pengaruh penerapan pembelajaran Matematika menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dilihat dari Gaya Belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alyf Oktavia Lutfiana_D74217076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar tentang pengembangan berpikir logis dan kreatif guna mengkontruksi pengetahuan dan penguasaan materi matematika untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan dari suatu proses pembelajaran salah satunya berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan nilai dan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar secara umum dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang dianggap cukup berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ialah gaya belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sekitar, guru, media, metode pembelajaran, perkembangan teknologi, dll. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran matematika menggunakan Google Classroom dan yang tidak, (2) menguji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dilihat dari gaya belajar siswa, (3) menguji ada tidaknya pengaruh interaksi antara penerapan pembelajaran matematika menggunakan Google Classroom dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan jenis data, metode pengumpulan, teknik analisis, serta interpretasi datanya, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Mojokerto tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Adapun kelas yang digunakan sebagai sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing kelasnya terdiri dari 30 siswa. Sehingga jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini ada sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data gaya belajar siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan ialah uji Anova Dua Arah atau Two Way Anova menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran matematika menggunakan Google Classroom dan yang tidak. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dilihat dari gaya belajar siswa. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penerapan pembelajaran matematika menggunakan Google Classroom dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiana, Alyf Oktaviaalyfoktavialutfiana@gmail.comD74217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, Asep Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: pembelajaran matematika; google classroom; hasil belajar; gaya belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alyf Oktavia Lutfiana
Date Deposited: 19 May 2022 03:35
Last Modified: 19 May 2022 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53316

Actions (login required)

View Item View Item