Pengembangan perangkat pembelajaran model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, I'is Nur (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
I'is Nur Afidah_D04216016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah seharusnya dimiliki oleh peserta didik. Fakta di lapangan, kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong rendah. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kemampuan pemecahan masalah kurang diterapkan pada pembelajaran. Sehingga peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model MMP untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran model MMP untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model pengembangan 4-D karya Thiagarajan namun dilaksanakan hanya sampai tahap ke tiga, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Development (pengembangan). Perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Tugas Proyek (LTP) pada materi hubungan antar sudut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catatan lapangan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, teknik validasi ahli untuk memperoleh data kevalidan serta kepraktisan perangkat pembelajaran dan teknik tes untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Proses pengembangan tahap pendefinisian menyatakan MTs An Nuriyah menerapkan pembelajaran langsung berpusat pada guru dengan metode ceramah. Tahap perancangan, membuat rancangan awal perangkat pembelajaran (draf I). Tahap pengembangan, memvalidasi dan merevisi yang menghasilkan draft II, melakukan uji coba dan merevisi kedua berdasarkan hasil uji coba sehingga menghasilkan draft final. Hasil penilaian validator menunjukkan kategori “valid” dengan nilai RTV 2,94 untuk RPP dan 2,95 untuk LTP. Masing-masing perangkat tergolong “praktis”. Hasil ketuntasan klasikal kelas VII-A MTs An Nuriyah mencapai persentase ≥85%, sehingga perangkat pembelajaran matematika model MMP dapat melatihkan kemampuan pemecahan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, I'is Nurnurafidahiis@gmail.comD04216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Missouri Mathematic Project (MMP); kemampuan pemecahan masalah; pengembangan perangkat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: I'is Nur Afidah
Date Deposited: 19 May 2022 03:54
Last Modified: 19 May 2022 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53324

Actions (login required)

View Item View Item