Perancangan pasar tradisional di Kabupaten Gresik dengan pendekatan Arsitektur Neo Vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yustika, Diah Aprilia (2022) Perancangan pasar tradisional di Kabupaten Gresik dengan pendekatan Arsitektur Neo Vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Aprilia Yustika_H73216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pasar tradisional sangat penting karena merupakan tempat atau lokasi untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, menyangga perekonomian masyarakat, dan merupakan sumber pendapatan pemerintah daerah dari penarikan retribusi/pajak terhadap pedagang dimana pasar tradisional itu berada. Perkembangan zaman yang sudah modern menuntut adanya perbaikan dan penataan pasar Tradisional menjadi lebih baik. Pasar tradisional disebut juga pasar rakyat dan arsitektur neo vernakular tumbuh dari arsitektur rakyat, yang lahir dari masyarakat etnik dan berjangkar pada tradisi etnik. Modernisasi dan kemajuan teknologi serta interaksi sosial ekonomi menuntut kehadiran arsitektur yang mampu berdialog dengan tuntutan baru. Dengan demikian diharapkan arsitektur neo vernakular menjadi salah satu jembatan menuju evolusi arsitektur indonesia modern yang tetap berjati diri dan berakar pada tradisi. Perancangan dengan pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Pasar Tradisional dengan mengoptimalkan lingkungan pasar dan kebudayaan lokal. Sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun pengguna pasar dan dapat berkontribusi bagi penguatan karakter lokal daerah dan menjadi ikon baru bagi Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yustika, Diah Apriliadiahapriliay@gmail.comH73216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@uinsby.ac.id197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pasar Tradisional, Arsitektur Neo Vernakular, Perbaikan dan penataan pasar tradisional
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: diah aprilia yustika
Date Deposited: 19 May 2022 03:56
Last Modified: 19 May 2022 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53329

Actions (login required)

View Item View Item